Tumbuh Kembang Bayi Di Usia 3 Bulan

Tumbuh Kembang Bayi Di Usia 3 Bulan – Menyaksikan tumbuh kembang bayi adalah hal yang sangat menggembirakan untuk semua orang tua. Tidak ada orang tua yang ingin melewatkan setiap perkembangan dari bayinya. Dari mulai bayi mengenali kedua orang tuanya, dapat meraih sesuatu hingga pada akhirnya bisa berjalan, merupakan proses yang sangat menakjubkan untuk kedua orang tua. Begitu juga tumbuh kembang bayi di usia 3 bulan tidak kalah menarik untuk diperhatikan.

Pada usia 3 bulan, bayi biasanya sudah memiliki jam tidur yang lebih teraturdari pada bulan-bulan pertama. Ini juga yang menyebabkan anda bisa beristirahat dengan lebih teratur juga. Supaya lebih jelas, berikut adalah tumbuh kembang bayi di usia 3 bulan yang biasa terjadi :

  1. Pola Tidur

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, bayi pada usia 3 bulan sudah memiliki jam tidur yang lebih teratur, karena sistem sarafnya semakin sempurna. Hal ini tidak hanya untuk tidur malamnya, tetapi juga untuk jam tidur sianganya.Sehingga anda sudah bisa mengira-ngira jika anda ingin melakukan aktifitas tertentu.

  1. Tumbuh kembang bayi di usia 3 bulan pada motoriknya

Tumbuh kembang bayi di usia 3 bulan pada motoriknya sudah sangat berkembang. Diantaranya :

  • Pada usia 3 bulan bayi sudah bisa mengangkat kepalanya sendiri karena otot-otot pada lehernya sudah semakin kuat.
  • Rasa kagetnya akan berkurang
  • Mulai bisa menendang-nendag dan menjulurkan kakinya
  • Sudah bisa memainkan tangannya dengan menggenggam tangannya lalu membukanya. Bayi pada usia 3 bulan juga sudah mulai belajar meraih sesuatu yang menarik perhatiannya.
  1. Tumbuh kembang bayi di usia 3 bulan pada Indera

Tumbuh kembang pada inderanya juga bertambah pesat, yaitu sebagai berikut.

  • Perkembangan indera penglihatan dan pendengarannya semakin sempurna. Pada usia 3 bulan, bayi sudah mengenali orang tuanya dan mulai memberikan senyumnya. Bayi juga sudah mulai suka mendengarkan musik. Jadi, pilihlah musik-musik yang bisa membuatnya tenang dan rileks.
  • Di usia ini bayi juga sudah mulai bisa membedakan warna, bayi sangat menyukai warna-warna yang terang dan mulai ingin meraihnya.
  • Bayi pada usia 3 bulan sudah bisa menatap anda. Tataplah bayi anda dengan penuh cinta maka bayi anda akan kembali menatap anda. 
  1. Tumbuh kembang bayi di usia 3 bulan pada komunikasi
  • Bayi pada usia in biasanya sudah jarang menangis. Jika bayi anda menangis terus-terus mungkin karena ia tidak nyaman dengan sesuatu hal. Ada baiknya anda sebagai orang tua juga belajar arti tangisan bayi.
  • Bayi juga mulai suka berinteraksi dengan tersenyum dan tertawa.
  • Bayi juga sudah bisa mengeluarkan suara seperti “ah”. Kata-katanya biasanya akan membuat anda merasa sangat gemas.

Itulah tumbuh kembang bayi di usia 3 bulan, sangat menyenangkan bukan mengikuti tumbuh kembang bayi anda. Semoga bayi anda selalu diberi kesehatan.

Add Comments

Disqus Comments