Tips Memilih Tempat Bersalin yang Tepat

Tips Memilih Tempat Bersalin yang Tepat – Proses kelahiran sang bayi adalah hal yang paling di tunggu-tunggu. Bukan hanya sang ayah dan ibu yang menantikan kehadirannya tetapi juga seluruh anggota keluarga. Biasanya proses persalinan hanya bisa dilakukan oleh dokter atau bidan di rumah sakit atau ditempat dia bekerja. Pemilihan rumah sakit atau klinik persalinan yang tepat sangatlah penting. Hal ini dapat berpengaruh pada kondisi ibu dan janin yang dikandung saat proses kelahiran. Oleh karena itu pilihlah rumah sakit atau klinik bersalin yang paling cocok untuk melakukan proses persalinan.

Berikut ini beberapa tips dalam memilih tempat bersalin yang tepat untuk anda pertimbangkan :

  • Anggaran

Pilihlah rumah sakit dan klinik bersalin sesuai dengan kondisi finansial anda. Sering kita melihat berita di TV jika ibu dan sang bayi tidak bisa pulang dikarenakan keluarga belum mampu untuk melunasi semua biaya proses persalinan.Hal itu dikarenakan belum matangnya perencanaan keluarga terhadap anggaran persalinan. Persiapkan anggaran dari jauh hari, lalu cermati betul berapa biaya yang harus dikeluarkan mulai dari biaya persalinan, kamar hingga kemungkinan melahirkan secara cesar. Biasanya rumah bersalin yang dibantu bidan dalam proses kelahiran memiliki biaya rawat inap lebih murah, namun tentu saja memiliki fasilitas yang lebih minim.

  • Fasilitas tempat bersalin

Pilihlah tempat bersalin yang memiliki fasilitas dan pelayanan yang baik, memiliki fasilitas rooming-in, mendukung proses inisiasi dini, memiliki kemungkinan  memperbolehkan suami atau ibu yang menemani saat proses persalinan, kebijakan rumah sakit terhadap pengunjung yang menjenguk, sistem rujukan yang dimiliki rumah sakit jika di rumah sakit tersebut tidak memiliki fasilitas lengkap bagi keadaan darurat, dan lain sebagainya.

  • Antisipasi keadaan darurat

Terkadang kehamilan memiliki masalah yang memaksa ibu untuk melahirkan secara Cesar. Pastikan jika rumah sakit yang akan anda pilih memiliki fasilitas untuk mengantisipasi keadaan darurat seperti itu. Pilihlah tempat bersalin yang memiliki fasilitas ambulance, ruang operasi, ICU dan NICU.

  • Jarak

Pilihlah rumah sakit yang berjarak tidak terlalu jauh dari lokasi rumah agar bisa mengantisipasi jika bayi akan segera keluar lebih cepat dari perkiraan. Hal ini bisa mengurangi resiko keringnya ketuban ketika telah pecah sebelum masa persalinan.

  • Suasana

Pilihlah rumah sakit atau klinik persalinan yang memiliki suasana yang nyaman, tenang, tidak berisik, memiliki kebersihan yang terjaga, dokter dan perawat yang ramah.

  • Melahirkan di RSU

Jika anda memilih untuk melahirkan di RSU maka pastikan jika RSU tersebut memiliki ruangan khusus untuk ibu dan bayi nya dan tidak bercampur dengan pasien lain yang sakit bukan karena bersalin.

Dengan memperhatikan hal-hal yang bisa anda lakukan dalam memilih tempat bersalin yang tepat, maka proses kelahiran bayi bisa ditangani dengan cepat dan tepat. Sehingga kesehatan ibu dan bayi akan selalu terjaga.

Add Comments

Disqus Comments