Tips Dan Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil

Tips Dan Manfaat Puasa Untuk Ibu Hamil – Puasa? Umat Islam memang sudah tidak asing lagi dengan puasa.Umat Islam pada bulan Ramadhan biasanya melakukan kewajibannya, yaitu berpuasa. Bagi umat Islam, puasa memang sudah biasa dilakukan, karena setiap tahun menjalankannya. Bahkan puasa tidak hanya dilakukan saat bulan Ramadhan. Banyak sekali tuntunan puasa sunah yang bisa dilakukan. Namun bagaimanakah dengan puasa untuk ibu hamil?Apakah boleh ibu hamil menjalankan puasa?

Memang masih banyak pertentangan tentang bolehkah ibu hamil melakukan puasa. Padahal ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisi si janin, tapi apakah aman dan baik-baik saja apabila berpuasa?. Pada saat hamil sebenarnya boleh boleh saja apabila berpuasa.Namun harus mempertimbangkan beberapa hal. Hal tersebut adalah kondisi si ibu dan juga janin, kemudian kesiapan dari ibu hamil itu sendiri apakah sanggup menjalankannya.

Puasa sebenarnya mengandung banyak sekali manfaat untuk manusia. Salah satunya adalah menghilangkan racun-racun dalam tubuh, selain itu berpuasa juga dapat memberikan waktu kepada organ tubuh untuk beristirahat. Seperti layaknya manusia, setelah melakukan aktivitas membutuhkan istirahat. Begitupun dengan organ dalam tubuh, mereka melakukan tugas mencerna makanan ataupun yang lainnya tanpa henti berhari-hari. Untuk itu dengan berpuasa dapat membuat organ tubuh untuk beristirahat, sehingga dapat menjaga kesehatannya.

Namun bagaimana dengan puasa untuk ibu hamil?.Ibu hamil boleh berpuasa, namun harus tetap konsumsi makanan yang banyak mengandung gizi. Apabila ibu hamil ingin berpuasa, sebaiknya saat sahur konsumsilah makanan yang bergizi seimbang, kemudian perbanyak minum air putih, dan lengkapi lah dengan minum susu. Jangan lupa juga untuk makan buah-buahan, karena hampir seharian tidak makan, maka saat sahur harus makan yang cukup.

Kemudian apabila kondisi ibu hamil tidak memungkinkan untuk berpuasa, sebaiknya jangan. Kondisi ibu hamil yang lemah dan sering merasa lelah akan membuatnya tidak kuat apabila melakukan puasa. Untuk itu apabila kondisinya lemah, sebaiknya jangan berpuasa demi keselamatan dan kesehatan si ibu dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

Sebenarnya puasa untuk ibu hamil juga memiliki banyak manfaat untuk si janin, diantaranya dapat mengajarkan si janin untuk prihatin. Puasa memang suatu prihatin, karena dari pagi hingga petang tidak makan ataupun minum apapun. Karena itu dengan berpuasa dapat melatih si janin atau bayi untuk prihatin.

Dengan berpuasa juga dapat menjaga berat badan, apabila ibu hamil mengalami masalah dengan kondisi badan yang berlebihan, maka dapat diatasi dengan berpuasa. Namun harus diingat harus tetap dengan kondisi badan apakah memungkinkan atau tidak untuk melakukan puasa. Jadi berpuasalah bagi ibu hamil apabila mampu, namun apabila tidak sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, apakah aman apabila ingin berpuasa atau tidak.

Itulah sedikit informasi dan tips puasa untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

Add Comments

Disqus Comments