Solusi Alami Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Solusi Alami Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan – Rambut rontok merupakan bagian dari resiko yang akan dihadapi oleh hampir semua wanita pada saat mereka memelihara rambut untuk mendapatkan rambut panjang dan indah. Namun sayangnya, gaya hidup yang banyak dijalani oleh wanita modern seperti sibuk sepanjang hari, tidak banyak melakukan kegiatan seperti olahraga, serta jarang memperhatikan makanan yang mereka konsumsi menyebabkan banyak masalah yang kemudian berujung pada kerontokan rambut secara berlebihan.

Bekerja setiap hari di bawah tekanan dan membuat seseorang menjadi stress adalah penyebab rambut rontok yang paling umum. Tidak hanya itu, kekurangan gizi, tidak terpenuhinya nutrisi serta cairan juga menyebabkan rambut menjadi mudah patah dan bercabang.

Anda harus tahu bahwa rambut terdiri dari 95 persen protein, dan 5 persen air. Itu artinya bahwa makanan yang harus anda konsumsi setiap hari haruslah mengandung protein dan juga air. Sumber protein seperti susu, keju, dan kacang-kacangan serta sumber cairan seperti air putih, sayur-sayuran dan buah-buahan juga harus masuk ke dalam menu makanan anda setiap hari.

Bagi anda yang ingin mengetaui cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan trik sederhana, berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Memberikan pijatan di kulit kepala

Memijat kulit kepala untuk melancarkan peredaran darah dan membantu agar nutrisi lebih mudah mencapai akar rambut adalah salah satu cara menjaga agar rambut tidak rontok.

Akan tetapi, tahukah anda bahwa memijat kulit kepala juga tidak boleh sembarangan? Anda bisa memanfaatkan minyak alami seperti minyak kelapa murni, minyak almond, atau minyak wijen untuk memijat kulit kepala anda agar menjadi lebih sehat, bersih, dan terawat.

Sebelum memberikan pijatan, ada baiknya anda menghangatkan terlebih dahulu minyak yang akan anda gunakan tersebut agar hasilnya bisa maksimal.

  • Beralihlah ke sampo yang lebih alami

Shampo yang sering anda gunakan mungkin adalah salah satu penyebab mengapa rambut menjadi rontok. Shampo yang menggunakan bahan kimia seperti silikon dan paraben akan membuat kulit kepala serta rambut rapuh dan rentan terhadap kerusakan.

  • Rutin mencuci rambut

Cuci rambut anda setidaknya setiap tiga hari sekali dengan shampo yang lembut dan dapat menghapus debu, kotoran, minyak serta bakteri. Tetap bersih adalah salah satu cara untuk menghindari rambut rontok karena kulit kepala biasanya kotor serta terinfeksi berbagai bakteri.

  • Hindari bahan kimia

Hindari sebisa mungkin penggunaan bahan kimia untuk rambut anda mulai dari memblow rambut, menggunakan catok, atau menggunakan pewarna rambut.

  • Hindari ikantan yang terlalu ketat

Mengikat rambut seperti gaya ekor kuda, kuncir, atau kepang yang ketat apabila dilakukan setiap hari juga bisa menyebabkan rambut menjadi rontok dan kehilangan elastisitas.Apabila anda harus mengikat rambut, usahakan untuk tidakmenggunakan karet gelang karena dapat menarik rambut sangat kuat.

  • Minum Juice bawang

Apabila anda sudah mengalami rambut rontok yang parah, cobalah meminum beberapa jus yang efektif untuk mengatasi rambut rontok seperti jus bawang,.

Jus bawang, sudah dikenal sebagai salah satu obat anti rontok yang paling efektif dan sangat baik untuk pertumbuhan rambut.

  • Konsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat akan meminimalkan rambut rontok. Diet seimbang sangat penting melawan rambut rontok dan ini merupakan metode terbaik. Kekuatan nutrisi di dalam tubuh akan menyebabkan rambut menjadi lebih subur dan sehat.

Anda harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, zinc, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E,serta makanan yang mengandung Asam Lemak Omega-3 dan protein.

Diantara makanan yang harus anda pertimbangkan antara lain: wortel, gandum, biji-bijian, beras merah, sayuran berdaun hijau, buah jeruk, kacang tanah, ubi jalar, biji labu, kacang-kacangan seperti kenari dan almond, minyak biji rami, ikan salmon, ikan tuna, telur, yogurt dan juga keju rendah lemak.