Senam Yophytta Untuk Ibu Hamil

Senam Yophytta Untuk Ibu Hamil – Senam yophytta materna merupakan senam yang diciptakan oleh Ibu Arsaningsih dengan memadukan beberapa gerakan senam lain menjadi satu gerakan yang harmonis. Perpaduan antara gerakan tai chi, yoga, pilates, dan hypno therapy ini sangat baik jika dilakukan oleh ibu hamil. Senam ini juga dianggap sebagai penyempurnaan senam hamil yang banyak dikenal dan dilakukan oleh ibu hamil pada umumnya.

Morning sickness, mudah lelah, nyeri sendi dan sakit pinggang merupakan keluhan-keluhan yang sering terjadi di masa kehamilan. Keluhan-keluhan seperti ini dan juga perubahan hormonal sering menimbulkan stres pada ibu hamil. Dengan melakukan senam yophytta maka keluhan-keluhan semasa kehamilan dan juga rasa stres yang dirasakan ibu hamil dapat diatasi.

Selain meredakan keluhan selama kehamilan dan mampu membantu ibu hamil mengendalikan stres, senam yophytta materna juga memiliki banyak manfaat lainnya. Dengan melakukan senam ini, maka ibu akan merasa lebih tenang saat melewati masa-masa kehamilan. Senam ini juga dapat memperkuat otot-otot dasar panggul dan dinding perut yang berperan pada masa kehamilan dan juga persalinan. Sehingga proses persalinan akan lebih mudah dilewati. Senam yophytta mampu memperkuat hubungan emosional antara ibu dan sang janin, karena senam ini mampu menurunkan tingkat kecemasan yang dirasakan oleh ibu.

Gerakan-gerakan lembut, helaan nafas yang teratur dan meditasi yang dilakukan selama senam yophytta dapat merelaksasikan tubuh dan pikiran ibu hamil. Pikiran negatif yang pikirkan dan dirasakan oleh ibu hamil selama masa kehamilan sangat berpengaruh pada janin, karena janin juga dapat merasakan apa yang sang ibu rasakan. Pada dasarnya pikiran-pikiran jelek yang biasa ada dalam pikiran sang ibu hamil lah yang menjadi salah satu faktor penyebab rasa sakit saat melahirkan. Oleh karena itu dengan melakukan meditasi ini mampu membuang energi negatif dan merubahnya menjadi energi yang lebih positif. Ibu akan merasa tenang, dapat berfikir secara positif, jauh dari stres dan tingkat emosinya menjadi lebih stabil.

Senam yophytta sangat dianjurkan pada ibu hamil. Selama ibu tidak merasakan keluhan mual dan keluhan-keluhan lainnya maka ibu dapat melakukannya setiap hari. Tapi agar tidak bosan anda bisa mengkombinasikan dengan olahraga yang lainnya. Senam yophytta dapat dilakukan oleh ibu hamil sejak kehamilan menginjak usia 5 bulan dan ibu dinyatakan sehat secara medis. Jika gerakan senam yophytta materna dilakukan dengan cara yang benar maka ibu hamil akan selalu merasa bugar. Melakukan senam yophytta 2 hingga 3 kali seminggu selama 30 hingga 1 jam, cukup mampu memberikan efek yang baik bagi kondisi fisik dan psikis ibu. Tapi ibu juga harus tetap menjaga nutrisi selama kehamilan agar kebutuhan gizi seimbang yang dibutuhkan sang janin dapat selalu tercukupi.

Add Comments

Disqus Comments