Sebab dan Akibat Kekurangan Vitamin K

Kekurangan vitamin K didalam tubuh tentu bukan hal yang asing lagi, tubuh kita sering sekali mengalami kekurangan vitamin, namun yang lebih sering terjadi adalah kekurangan vitamin-vitamin yang larut dengan air seperti vitamin C dan lainnya. Untuk vitamin-vitamin yang larut dengan minyak, dalam hal ini adalah vitamin K, jarang terjadi, karena memang efek yang dirasakan cukup lambat dibandingkan kekurangan vitamin C yang dapat dirasakan dengan cepat.

Karena gejalanya yang tidak terlalu dirasakan, kekurangan vitamin K terkadang tidak mendapatkan respon yang cepat. Untuk lebih memahami mengenai kekurangan vitamin K, berikut adalah sebab dan akibat kekurangan vitamin K :


Penyebab Kekurangan Vitamin K


Secara garis besar, sebenarnya kekurangan vitamin K cukup jarang terjadi, tubuh manusia tidak terlalu banyak membutuhkan vitamin K dibandingkan vitamin-vitamin lainnya. Namun kekurangan vitamin K juga dapat terjadi, berikut adalah beberapa penyebabnya :

Kurang Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang memiliki sejuta khasiat, berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat di peroleh dari sayuran hijau. Jika anda tidak menyukai sayuran hijau, kekurangan ( disefisiensi ) vitamin K pada tubuh anda dapat terjadi, meskipun sebenarnya kekurangan vitamin K adalah kejadian yang cukup jarang terjadi, namun apa salahnya jika anda mengetahui penyebabnya dan mencegah terjadinyadisefisiensi vitamin K pada tubuh anda, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi sayuran hijau dengan teratur.

Kekurangan Lemak

Vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak, jadi vitamin K sangat bergantung dengan kondisi lemak didalam tubuh manusia. Meskipun bagi sebagian orang, lemak didalam tubuh itu membuat rasa tidak baik, namun keadaan lemak yang berada dibawah normal juga akan menyebabkan hal-hal yang tidak baik. Salah satu diantaranya adalah kekurangan vitamin K, untuk mencegah terjadinya kekurangan vitamin K karena disefisiensi lemak didalam tubuh, anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung cukup lemak, seperti ikan Salmon dan lain sebagainya.

Yang sering terjadi adalah kekurangan vitamin K pada bayi yang baru saja lahir. Hal ini dapat terjadi karena placenta tidak dapat menyalurkan lemak den vitamin K dengan baik kedalam tubuh bayi, usus dari bayi yang baru lahir tidak terdapat bakteri-bakteri pemproduksi vitamin A, selain itu juga karena asupan Air Susu Ibu yang tidak mencukupi si bayi tersebut.

Setelah kita mengetahui penyebab dari kekurangan vitamin K, lalu apa yang akan terjadi jika tubuh kita mengalami disefisiensi atau kekurangan vitamin K? berikut adalah contoh akibat kekurangan vitamin K :


Akibat Kekurangan Vitamin K


Penyakit Hemoragik Pada Bayi

Seperti sedikit penjelasan diatas, bayi yang baru lahir rentan terkena kekurangan vitamin K yang akan menyebabkan terjadinya penyakit Hemoragik.

Penyakit hemoragik adalah penyakit yang berhubungan dengan gangguan pembekuan darah, hal ini terjadi karena fungsi hati dari bayi yang baru lahir belum bisa bekerja dengan baik sehingga pembekuan darah belum bisa berjalan dengan baik, protein pembekuan darah memerlukan vitamin K.

Menurunkan kepadatan tulang

Osteocalkin, zat inilah yang menghubungkan antara kepadatan tulang dan juga vitamin K. Osteocalkin semacam senyawa protein yang berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang. Dengan zat ini, akan menghindarkan tulang dari keadaan keropos. Vitamin K adalah nutrisi yang digunakan dalam sintesaosteocalkin.

Demikian adalah informasi mengenai sebab dan akibat kekurangan vitamin K, semoga dapat menjadi sebuah manfaat untuk anda. Mulai sekarang, hindarilah segala sesuatu yang bisa menyebabkan tubuh mengalami kekurangan vitamin K agar terhindari dari segala penyakit di atas.

Add Comments

Disqus Comments