Merawat Gigi Bayi Sejak Dalam Kandungan

Merawat Gigi Bayi Sejak Dalam Kandungan – Setiap orang tua pasti ingin jika anak mereka mempunyai gigi yang tumbuh dengan baik, rapi dan sehat. Benih gigi sebenarnya sudah mulai tumbuh pada masa kehamilan 4 sampai 6 minggu. Oleh karena itu jika ibu ingin memiliki bayi dengan gigi yang rapi dan sehat, maka ibu dapat merawat gigi bayi sejak dalam kandungan. Selanjutnya benih gigi ini akan mulai makin terbentuk wujudnya pada kehamilan 3 bulan dan sempurna pada masa kehamilan 40 minggu. Proses pertumbuhan ini terus berlangsung dalam rahang sehingga tidak terlihat dari luar. Sehingga ketika bayi lahir terkesan tidak punya gigi. Dan biasanya gigi pertama baru muncul ke permukaan ketika usia bayi telah menginjak umur 6 sampai 12 bulan. Karena itulah apa yang ibu konsumsi bisa mempengaruhi pertumbuhan gigi pada sang bayi.

Untuk merawat gigi bayi sejak dalam kandungan maka ibu hamil harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium. Kalsium sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Walaupun sebenarnya dengan mengkonsumsi makanan berkalsium tidak menjamin secara pasti apakah bayi anda akan memiliki gigi yang rapi dan sehat , karena hal ini juga bergantung pada daya serap kalsium sang janin. Oleh karena itu ibu hamil harus tetap mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bernutrisi agar dapat membantu pertumbuhan gigi pada janin sehingga menjadi lebih sehat.

Pada trisemester pertama masa kehamilan, ibu biasanya merasakan morning sickness dengan gejala mual dan muntah serta ketidak seimbangan hormon. Sehingga berujung pada gangguan nutrisi. Kondisi mual ini biasanya membuat sang ibu menjadi tidak nafsu makan sehingga kebutuhan nutrisi pun menjadi berkurang. Padahal pertumbuhan gigi bayi dimulai pada trisemester pertama kehamilan. Oleh karena itu, ibu harus tetap menjaga asupan nutrisi sehingga janin anda akan tetap sehat serta pertumbuhannya menjadi optimal.

Dalam proses pertumbuhannya, gigi membutuhkan berbagai jenis vitamin serta mineral. Oleh karena itu sang ibu harus benar-benar memperhatikan kandungan gizi pada makanan yang dikonsumsinya karena kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan janin untuk pembentukan gigi didapat dari sang ibu. Untuk dapat merawat gigi bayi sejak dalam kandungan maka ibu bukan hanya perlu makan makanan yang mengandung kalsium tapi juga fosfor. Jika bayi saat dalam kandungan mengalami kekurangan zat fosfor maka email giginya akan berpori-pori besar sehingga membuat gigi anak rapuh dan mudah berlubang. Selain itu berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, C dan D juga di perlukan dalam proses pertumbuhan gigi.

Ada beragam jenis makanan yang bisa ibu konsumsi agar pertumbuhan gigi sang janin menjadi sehat dan kuat. Makanan yang mengandung kalsium bisa ibu temukan dalam: susu, mentega dan ikan teri. Kandungan fosfor bisa ditemukan dalam makanan yang tinggi protein seperti: daging ayam, ikan, daging, telur, kacang-kacangan, biji-bijian dan gandum. Sedangkan makanan yang mengandung vitamin A dan C terkandung dalam buah-buahan seperti jeruk, mangga, jambu dan buah-buahan lainnya. Dan makanan yang mengandung vitamin D terdapat pada: susu, daging, ikan salmon dan sebagainya.

Add Comments

Disqus Comments