Mengatasi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Mengatasi Rasa Sakit Saat Melahirkan – Ibu hamil sering kali memikirkan seberapa sakit rasa yang akan dia rasakan ketika melahirkan. Ada diantara para ibu memilih untuk melahirkan secara cesar agar tak merasakan resiko sakit ketika melahirkan. Padahal melahirkan secara normal adalah hal yang sangat disarankan di dunia medis. Memang tidak bisa dipungkiri jika ibu akan merasakan sakit jika melahirkan secara normal, tapi bukan berarti rasa sakit itu tidak bisa dikurangi atau dihilangkan.

Penyebab rasa sakit pada saat melahirkan disebabkan oleh banyak faktor. Hal ini bisa saja disebabkan oleh rasa nyeri pada otot rahim yang berkontraksi lalu menegang. Dan ketika terjadi kontraksi, kandung kemih, rectum dan tulang belakang menerima tekanan yang kuat dari rahim. Terjadinya tekanan pada mulut rahim, posisi bayi yang sungsang dan posisi melahirkan yang salah juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada saat melahirkan. Tetapi pada dasarnya rasa nyeri yang ditimbulkan berfungsi untuk membantu persalinan sehingga menjadi lebih cepat dan teratur.

Ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa sakit saat melahirkan, baik dengan cara medis ataupun non medis. Cara mengatasi rasa sakit saat melahirkan antara lain:

  • Secara medis.

Ada beberapa cara yang bisa anda pilih jika anda ingin mengatasi rasa nyeri saat melahirkan seperti: menghirup gas nitro oksida (etonox), pemberian suntikan obat pethidin (morfin), dan anastesi regional epidural merupakan cara yang paling sering dipilih ibu untuk mengatasi rasa sakit saat melahirkan karena tidak terlalu beresiko pada bayi. Tapi tentu saja penggunaan obat-obatan ini bisa memberikan efek samping baik pada sang ibu maupun pada bayi dan tentunya biaya persalinan pun akan bertambah.

  • Melakukan pemijatan.

Melakukan pijatan bisa mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.arahkan tangan kebawah lalu tekan-tekan dengan lembut. Anda juga bisa melakukan pijatan pada pinggang dan punggung anda untuk meredakan rasa nyeri pada bagian ini.

  • Hypnotherapy

Hypnotherapy adalah pemberian sugesti secara klinis untuk mengurangi rasa cemas dan nyeri. Teknik ini bisa dilakukan apabila pemberian obat anastesi epidural tidak dapat digunakan.

  • Hypnobirthing

Yaitu penggunaan hypnosis pada saat proses persalinan. Hypnobirthing ditujukan agar ibu memiliki rasa percaya diri ketika melahirkan. Sang ibu juga akan di beri tips untuk mengatasi rasa nyeri seperti teknik pernafasan.

  • Dukungan dari suami dan keluarga

Dukungan dari suami dan keluarga tercinta akan membuat ibu lebih termotivasi dan lebih percaya diri.

  • Akupuntur

Akupuntur dapat menjadi alternatif untuk mengatasi rasa sakit saat melahirkan. Teknik akupuntur analgesic dapat mengurangi rasa sakit  dengan cara menusukkan jarum akupuntur dibagian-bagian tertentu pada tubuh. Tapi tidak semua ibu hamil bisa melakukan terapi akupuntur ini. Kondisi ibu harus normal dan ingin melahirkan secara normal, ibu dalam keadaan inpartu dan beberapa syarat lain harus dipenuhi sebelum dapat melakukan terapi ini.