Mencegah Anemia Pada Masa Kehamilan Dengan Pisang

Mencegah Anemia Pada Masa Kehamilan – Pisang adalah salah satu buah-buahan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman pisang merupakan salah satu tanaman ciri khas negara yang beriklim tropis. Ketika masih mentah, kulit pisang akan berwarna hijau dan ketika matang berwarna kuning, tetapi ada juga yang berwarna tetap hijau, merah, bahkan keunguan. Buah ini tersusun dalam satu tandan dan berkelompok-kelompok dalam susunan menjari. Pohon pisang hanya dapat berbuah satu kali dan jika telah dipanen maka harus segera ditebang, karena jika pohonnya mati dan membusuk bisa merusak pohon pisang yang lain.

Ada dua jenis pisang, yaitu pisang yang bisa dimakan langsung dan pisang yang harus diolah terlebih dahulu sebelum dimakan. Namun kedua jenis pisang ini sama-sama memiliki nilai manfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi yang terdapat dalam pisang juga sangat baik bagi kesehatan ibu hamil karena dapat mencegah anemia pada masa kehamilan. Walaupun anemia bukanlah jenis penyakit berat seperti jantung atau kanker, tapi anemia merupakan penyebab utama kematian pada ibu hamil.

Anemia adalah kondisi dimana jumlah hemoglobin dalam darah berada dibawah normal. Padahal hemoglobin berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh dan juga otak. Rata-rata wanita yang sedang dalam keadaan hamil mengalami anemia, tetapi banyak diantara mereka tidak menyadarinya. Jika dibiarkan belarut-larut, kondisi ini bisa sangat membahayakan kesehatan ibu dan juga janin yang dikandung. Ibu bisa saja mengalami pendarahan, janin lahir dalam kondisi prematur, dan dalam kondisi terparah yaitu menyebabkan kematian.

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kadar  zat besi dalam tubuh. Biasanya dalam kondisi ini ibu akan mengalami pusing, pucat, kurang nafsu makan, letih dan lemas. Dengan mengkonsumsi dua buah pisang maka kebutuhan akan zat besi harian ibu hamil dapat di penuhi.

Selain mengandung zat besi, pisang juga kaya akan kandungan asam folat. Asam folat atau Vitamin B9 adalah jenis vitamin B yang mudah larut dalam air. Asam folat bermanfaat dalam pembentukan asam nukleat dan hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan terganggunya pembentukan sel darah baru sehingga menyebabkan anemia serta resiko kelahiran bayi prematur.

Namun jangan mengkonsumsi pisang secara berlebihan. Dalam satu buah pisang mengandung 85 hingga 100 kalori. Jumlah ini akan bertambah, sesuai dengan jumlah pisang yang ibu makan. Belum lagi ibu harus mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang lainnya, maka kalori dalam tubuh akan semakin bertambah. Kelebihan kalori bisa menyebabkan berat badan ibu akan bertambah secara berlebihan. Jika bosan dengan mengkonsumsi pisang yang dimakan begitu saja, ibu bisa membuat smoothies pisang yang dicampur dengan susu, madu dan plain yogurt. Ada baiknya jika ibu juga mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang menyehatkan lainnya. Sehingga ibu akan mendapatkan kandungan gizi yang beragam.