Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil – Kurma adalah jenis tanaman palma (Arecaceae) dan termasuk dalam genus Phoenix. Buah dari pohon kurma disebut dengan kurma dan memiliki nama ilmiah Dectylifera Phoenix. Kurma telah menjadi makanan pokok di kawasan Timur Tengah sejak ribuan tahun yang lalu. Dan kemudian disebarluaskan oleh bangsa Arab ke negara-negara lainnya. buah kurma memiliki bentuk lonjong dengan panjang sekitar 2-7 cm, tekstur daging nya berserat dengan rasa yang sangat manis seperti campuran gula dan madu karena mengandung sukrosa, dekstrosa, glukosa dan fruktosa.kandungan fruktosa dan dektrosa pada buah kurma sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat menjadi sumber energy bagi tubuh.

Buah kurma memiliki banyak sekali kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Dalam buah kurma terdapat kandungan karbohidrat, protein, asam folat, berbagai jenis vitamin seperti A,C dan K, kurma juga mengandung serat, dan juga berbagai jenis mineral yang diperlukan oleh tubuh seperti; kalsium, magnesium dan besi. Menurut sebuah penelitian dalam 5 biji (45 gram) kurma kering mengandung sekitar 115 kalori dan 80% karbohidrat, itulah mengapa jika kita makan kurma akan merasa kenyang karena gizi yang terkandung didalamnya sama dengan sepiring nasi.

Karena kandungan gizi yang banyak inilah membuat kurma memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh termasuk kesehatan ibu hamil. Berikut ini beragam manfaat kurma bagi ibu hamil:

  1. Memperlancar produksi ASI

Kandungan kalsium dan zat besi yang terdapat dalam kurma sangat baik dalam membantu produksi ASI. Oleh karena itu bagi ibu yang tengah menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma.

  1. Melancarkan BAB

Ibu yang sedang hamil terkadang memiliki masalah sulit untuk buang air besar, hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah kurma. Kandungan serat yang terkandung dalam kurma dapat membantu melancarkan masalah BAB. Selain itu bagi ibu yang baru saja melahirkan dilarang untuk mengendan saat BAB, karena ditakutkan jahitan pasca melahirkan akan terlepas, oleh karena itu mengkonsumsi kurma bisa jadi solusi.

  1. Menambah energi dan memulihkan tenaga setelah proses persalinan

Kandungan glukosa yang terdapat pada kurma mampu menambah energi ibu yang sedang hamil dalam melakukan aktivitas. Karena kandungan glukosa sangat mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi buah kurma setelah melahirkan maka tenaga ibu akan cepat kembali pulih.

  1. Mencegah pendarahan rahim

Dalam buah kurma terkandung hormon yang bermanfaat mengecilkan rahim setelah melahirkan dan sekaligus mencegah pendarahan rahim.

  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kandungan serat yang terdapat pada kurma dapat menyerap kadar lemak jahat dalam darah. Sehingga peredaran darah ibu hamil akan semakin lancar.

Dengan mengetahui manfaat kurma bagi ibu hamil, maka tidak ada salah nya jika mengkonsumsi buah ini ketika sedang hamil. Walaupun kurma terasa manis, tapi kandungan gulanya mudah diserap oleh tubuh. Tentu saja ibu hamil tetap harus memperhatikan porsi kurma yang di konsumsi agar tidak berlebihan sehingga ibu hamil bisa mengkonsumsi jenis makanan lain.

Add Comments

Disqus Comments