Makanan Bayi Pertama Saat Berusia 6 Bulan

Makanan Bayi Pertama Saat Berusia 6 Bulan – Ketika melahirkan, ibu dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Hal ini tentu diperkuat dengan alasan-alasan yang sangat baik untuk bayi dan untuk anda sendiri. Selain karena ASI memiliki nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi, menyusui juga membantu anda menurunkan berat badan pasca hamil dan melahirkan. Setelah bayi anda berusia 6 bulan, anda baru bisa memberikan makanan pendamping ASI. Makanan bayi pertama saat berusia 6 bulan ini juga tidak boleh sembarangan.

Makanan bayi pertama saat berusia 6 bulan yang anda pilih harus bisa membuat bayi merasa nyaman, dan memberikan rangsangan yang baik untuk terus memakan makanan tersebut.

Berikut makanan bayi pertama untuk berusia 6 bulan yang bisa anda jadikan pilihan :

  1. Bubur Susu

Karena bayi masih sangat mengingat rasa ASI, jadi ini adalah salah satu cara untuk mengajari bayi anda beradaptasi dengan makanan baru. Bahan yang diperlukan hanya 10 gr tepung sagu atau tepung beras dan 200 ml ASI. Masak tepung dengan sedikit air, lalu setelah matang campurkan denganASI di mangkuk.

  1. Bubur Beras

Tidak jauh berbeda dengan yang pertama, makanan bayi pertama berusia 6 bulan juga masih menggunakan campuran ASI. Masak beras merah atau beras biasa dengan air sampai menjadi bubur. Setelah matang, campurkan dengan ASI.

  1. Buah Pisang

Cukup potong-potong 50 gr pisang Ambon yang sudah matang lalu blender pisang dengan ASI kurang lebih 3 sdm.Makanan pun siap diberikan pada si kecil.

  1. Buah Alpukat

Makanan bayi pertama saat berusia 6 bulan yang selanjutnya terbuat dari buah alpukat. Blender 50 gr buah alpukat hingga lembut.Setelah ditaruh di mangkuk, campurkan dengan 3 sendok makan ASI, lalu aduk hingga rata.

  1. Buah Apel

Cuci dan kupas 50 gr buah apel. Setelah itu kukus daging apel hingga empuk. Setelah empuk blender apel dengan ASI, dan tambahkan jus jeruk. Jangan gunakan jeruk yang asam. Saring hasil blenderan dan makanan bayi pertama saat berusia 6 bulan ini siap diberikan pada si kecil.

  1. Buah Pir dan Pepaya

Cuci bersih 30 gr buah pir kupas dan ambil daging buahnya. Lalu cuci hingga bersih juga 25 gr pepaya kupas lalu dipotong-potong. Seperti buah apel, kukus buah pir hingga empuk. Setelah empuk blender buah pir dan pepaya.Setelah dirasa cukup halus, tuang ke dalam mangkuk dan tambahkan ASI secukupnya.

  1. Buah Pepaya dan Pisang

Ambil 25 gr buah pepaya lalu kupas dan potong-potong. Siapkan juga 50 gr buah pisang kupas dan potong-potong. Blender buah pisang dan pepaya, setelah lembut tambahkan ASI secukupnya.

Inilah beberapa makanan bayi pertama saat berusia 6 bulan yang bisa anda racik sendiri. Setelah bayi anda sudah terbiasa dengan makanan pendampingnya, anda sudah bisa berkreasi dengan makanan yang lebih berat, tetapi masih dengan cara dihaluskan. Selamat mencoba.