Semua Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang Kucing Anggora

Para penggemar kucing tentunya tak asing dengan spesies kucing anggora. Kucing yang berasal dari daerah Ankara (dulu Angora) di Turki ini memang memiliki penampilan yang khas dengan bulu panjang, tubuh tidak terlalu besar atau kecil dan ekor yang lembut bak sikat. Wajahnya yang memanjang dan telinganya yang meruncing membuat kucing ini sangat gagah sekaligus menggemaskan.

Kucing anggora yang paling disukai adalah anggora putih dengan mata biru atau biru-hijau, yang merupakan fitur yang langka. Kucing ini sudah dibiakkan untuk dipelihara sejak abad ke-17 dan masih menjadi salah satu kucing terfavorit di dunia untuk dipelihara.

Jika Anda tertarik dengan kucing anggora lucu ini dan ingin memeliharanya, pastikan Anda tahu cara merawatnya.


Cara Merawat Kucing Anggora Betina dan Jantan


Sama seperti jenis kucing lainnya, kucing anggora memiliki perbedaan perilaku antara kucing yang jantan dan betina. Perbedaan perilaku ini harus Anda perhatikan karena akan memengaruhi cara merawat kucing betina dan jantan.

Baca juga; Panduan cara merawat kucing anggora bagi pemula lengkap!

Misalnya, untuk kucing jantan, perilaku umumnya adalah:

  • Bersifat territorial, mudah marah dan menyerang kucing jantan lain.
  • Sangat aktif dan suka bermain serta menjelajah.
  • Jika makan biasanya sekaligus banyak.
  • Lebih sering mencakar, melompat dan mengigit.

Sedangkan untuk kucing betina, perilaku umumnya adalah:

  • Lebih tenang dan suka berdiam di rumah atau tempat yang nyaman.
  • Makannya lebih sedikit, tetapi lebih sering.
  • Suka dimanja dan mencari perhatian dari majikannya.
  • Senang memainkan benda-benda kecil dan tidur-tiduran.

Jadi, dalam merawat kucing anggora lucu kesayangan Anda, pastikan memberi perlakuan yang sesuai untuk jenis kelaminnya. Sediakan banyak mainan kecil untuk si kucing betina dan tempat berbaring empuk di satu tempat yang ‘permanen’ untuknya. Untuk si jantan, sediakan tempat memanjat dan mencakar, dan pastikan Anda meluangkan waktu untuk menjaga kebersihannya karena kucing jantan lebih suka bermain di luar dan lebih gampang kotor.


Pakan untuk Kucing Anggora Jantan dan Betina


Harga kucing anggora yang mahal membuatnya memerlukan perawatan khusus, salah satunya adalah dengan pemberian makanan yang tepat. Karena bulunya panjang, biasanya Anda disarankan untuk membeli makanan kucing yang khusus kucing berbulu panjang (long coated/long haired cat food). Hal ini karena makanan ini sudah diberi nutrisi tambahan untuk menjaga kehalusan dan kekuatan bulu agar tak mudah rontok, serta menjaga kilaunya. Boleh saja membeli makanan kucing anggora murah, tapi pastikan gizinya seimbang.

Selang-seling antara makanan kering dan basah agar gizinya seimbang, dan untuk kucing betina, triknya adalah memberi makan sedikit tapi sering, karena jika sekali banyak, biasanya makanannya tidak akan habis. Untuk si jantan, frekuensinya bisa lebih sedikit tetapi porsinya banyak. 


Harga Jual Kucing Anggora


Harga jual kucing anggora memang lumayan mahal karena merupakan jenis kucing domestik yang diimpor. Harganya juga bervariasi tergantung apakah Anda menginginkan kucing anggora yang hanya untuk peliharaan, kucing trah, kucing untuk dikembangbiakkan (breed) atau kucing spesial untuk kontes. Biasanya, harga jual kucing anggora yang untuk peliharaan adalah sekitar 2-5 juta rupiah, sedangkan kucing impor khusus untuk kontes berharga sampai 20 hingga 30 juta rupiah.

Harga untuk anak kucingnya pun bervariasi. Misalnya, ada anak kucing anggora murah yang dijual hanya seharga sekitar 250 ribu hingga 500 ribu rupiah, yang biasanya berasal dari jenis campuran. Akan tetapi, untuk anak kucing anggora jenis murni, ada yang harganya bisa mencapai 1 hingga 2,5 juta rupiah per ekor.


Dimana Membeli/Menjual Kucing Anggora?


Sekarang ini, menemukan kucing anggora mudah sekali. Ada banyak toko hewan peliharaan serta pembiak yang menjual kucing anggora. Akan tetapi, jika Anda mencari kucing anggora yang berkualitas, Anda sebaiknya menghindari kucing anggora murah yang biasa dijual di toko online dengan deskripsi tidak jelas, karena biasanya kucing seperti itu bukan kucing ras murni dan merupakan campuran.

Ada baiknya Anda mengunjungi situs pembiak (breeder atau cattery) yang kini sudah mulai marak di Indonesia. Di sini, Anda bukan hanya bisa mendapatkan kucing anggora yang ras murni, namun juga bisa memeroleh kucing kelas kontes, tentunya jika Anda siap dengan harganya.

Sementara itu, untuk menjual kucing anggora Anda (terutama jika jenisnya ras murni), Anda bisa bergabung dengan forum pecinta kucing anggora untuk mendapat rekomendasi pembeli (atau penjual, jika Anda sendiri berniat membeli). Biasanya, komunitas macam ini memiliki koneksi yang luas dan Anda bisa mendapat pembeli dengan mudah.

Mencari kucing anggora pun jangan hanya memandang kelucuannya serta harga murahnya, namun juga kesehatannya. Misalnya, Anda harus memastikan bahwa si kucing anggora murah itu sudah divaksinasi. Harga kucing anggora yang kelewat murah juga harus diwaspadai, karena siapa tahu kucing itu kurang sehat sehingga dijual murah oleh pemiliknya.


Cara Mengawinkan Kucing Anggora


Ingin mendapatkan lebih banyak kucing anggora lucu di rumah? Kawinkanlah kucing anggora jantan dan betina Anda. Kucing anggora bisa dikawinkan saat usia mereka sudah 1 tahun, tetapi Anda harus perhatikan juga apakah mereka sudah menunjukkan tanda-tanda birahi atau belum. Untuk yang betina, tanda berahinya adalah jadi sering mengeong keras dengan suara yang kedengaran lebih berat dan suka berguling. Untuk yang jantan, biasanya jadi lebih aktif saat melihat betina karena tak sabar ingin menaikinya.

Anda bisa mencoba mendekatkan kucing anggora di dalam kandang berbeda untuk membiasakan mereka, dan melihat bagaimana reaksi mereka. Jika keduanya nampak tak sabar untuk saling mendekati dan gelisah, kawinkan mereka. Lihat apakah proses kawin berhasil atau tidak yaitu dengan melihat jika si betina berguling setelah dikawini si jantan, lalu menjilat-jilat alat vitalnya sendiri.

Lakukan aktifitas ini 3-4 kali sehari selama 3 hari. Kemudian, setelah 3 minggu, perhatikan puting si betina dan lihat apakah putingnya membesar dan menjadi lebih menonjol, yang berarti si betina sudah hamil.


Cara Memandikan Kucing Anggora


Harga jual kucing anggora yang mahal membuat Anda harus telaten merawatnya, salah satunya saat memandikannya. Untuk kucing berbulu panjang, ada baiknya Anda memandikannya dengan cara menyikatnya dulu, untuk memastikan bulunya tak kusut dan merontokkan partikel-partikel debu serta bulu yang rontok. Setelah itu, baru kita mandikan dengan air suam-suam kuku.

Ada baiknya Anda memandikan kucing anggora dengan menggunakan pancuran; hal ini untuk memudahkan Anda menggosok dan membersihkan tubuh kucing sampai ke balik bulunya. Anda bisa menyiapkan bak bayi kecil khusus untuk tempat memandikan kucing agar lebih mudah. Setelah mandi, sebaiknya kucing dikeringkan dengan handuk dulu sebelum dihembus dengan pengering.

Gunakan sampo khusus untuk kucing berbulu panjang demi menjaga kehalusan dan kesehatan bulunya.


Tips Menjaga Kesehatan Kucing Anggora


Akhirnya, Anda pasti ingin kucing anggora lucu Anda bisa selalu sehat dan ceria. Untuk menjaga kesehatannya, pastikan Anda memberi makanan seimbang dengan jenis makanan yang memang cocok untuk kucing berbulu panjang. Siapkan juga tempat tinggal yang cocok untuk kucing Anda, dengan kondisi yang selalu bersih dan tidak terlalu dingin atau panas.

Jangan menghemat uang untuk soal kesehatan; pastikan kucing Anda divaksinasi sesuai dengan ketentuan. Biasanya, kucing harus mendapatkan beberapa jenis vaksinasi sampai usia 20 minggu, dan sebaiknya diperiksa kesehatannya secara teratur.

Jika Anda menginvestasikan uang dan waktu untuk kucing anggora Anda, balasannya adalah Anda mendapat teman yang lucu, sehat dan bersahabat.

Add Comments

Disqus Comments