Kenali Gejala Typus Pada Anak Sejak Dini

Kenali Gejala Typus Pada Anak Sejak Dini – Kesehatan anak tentu saja menjadi prioritas utama bagi orang tua.Orang tua biasanya akan merasa sangat khawatir jika anaknya terserang penyakit, salah satunya penyakit typus. Lalu, apakah gejala typus pada anak bisa diidentifikasi?Tentu saja bisa. Namun, sebelum anda mengetahui bagaimana gejala typus pada anak, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu apa itu penyakit typus.

Penyakit typus ini sendiri merupakan penyakit yang biasanya disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi, atau biasa juga disebut dengan Salmonella Paeartyphi yang menyerang usus halus dan menyebabkan infeksi. Bakteri ini bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan lalu menuju ke saluran pencernaan. Dan bisa berkembang biak hingga mampu menembus dinding usus, lalu menuju ke saluran limfa, dan terakhir masuk ke pembuluh darah. Proses ini tidak memakan waktu yang lama, hanya membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua hari.

Setelah anda memahami apa itu penyakit typus, berikut ini adalah gejala typus pada anak yang bisa anda identifikasi sendiri :

  1. Demam Tinggi

Gejala yang paling umum terjadi adalah demam. Demam yang terjadi bisa mencapai hingga 40oCelcius. Namun,  sebagian orang tua masih sering menganggap gejala typus pada anak ini adalah gejala demam biasa ataupun demam berdarah. Agar tidak salah melakukan penanganan, sebaiknya lakukan pemeriksaan pada anak anda secepat mungkin.

  1. Denyut Nadi Mulai Melambat

Jika pada demam biasa denyut nadi akan semakin cepat, hal ini berbeda dengan demam gejala typus pada anak. Denyut nadi anak akan melambat, hal ini terjadi karena di dalam tubuh terdapat racun yang bereaksi yang disebabkan oleh bakteri typus.

  1. Pola BAB yang Berubah

Anak yang sedang menderita penyakit typus, biasanya juga menampakkan pola yang berbeda pada BABnya. Anak bisa tiba-tiba mengalami diare yang berkepanjangan, bisa juga tiba-tiba sembelit atau sudah buang air besar. Gejala typus pada anak ini seharusnya bisa cepat disadari oleh orang tua.

  1. Sakit Perut dan Merasa Mual

Anak-anak yang sedang mengalami gejala typus biasanya sering merasa perut sebelah kirinya sakit. Hal ini dikarenakan pada perut sebelah kiri lah terdapat usus dua belas jari yang sedang terinfeksi. Pada beberapa kasus juga terjadi rasa mual hingga muntah. Rasa sakit juga biasanya menyerang daerah ulu hati atau perut bagian atas seperti sakit magh. 

  1. Warna Lidah

Untuk mengetahui gejala typus pada anak, anda juga bisa memperhatikan dari warna lidahnya. Pada anak yang sedang mengalami gejala typus biasanya bagian tengah lidahnya berwarna putih, sedangkan pada bagian pinggirnya berwarna merah.

Itulah beberapa gejala typus pada anak, yang sebaiknya anda perhatikan. Mulailah untuk lebih memperhatikan kebersihan makanan yang anda dan anak anda konsumsi, untuk melindunginya dari penyakit yang bisa membahayakan kesehatannya.Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.