Kegunaan Buah Naga Bagi Kesehatan Berdasarkan Nutrisinya

Kegunaan buah naga, di masyarakat Indonesia bukan menjadi buah yang asing lagi. Bahkan sudah banyak sekali penjual buah Naga baik di pasar tradicional ataupun pada pasar modern. Para petani buah pun sudah banyak yang membudidayakan buah Naga. Meskipun hampir semuanya sudah mengetahui kegunaan buah naga, namun tidak banyak yang mengetahui kandungan nutrisinya, karena kebanyakan orang hanya memakan buahnya saja, tanpa mencari tahu kandungan nutrisi didalamnya.

Bagi anda yang belum mengetahui kandungan nutrisi dan juga kegunaan buah naga, dibawah ini adalah penjelasannya.


Vitamin C


Buah Naga mempunyai kandungan zat vitamin C yang sangat tinggi, lebih tinggi dari kebutuhan vitamin C dalam tubuh, jadi kegunaan buah naga adalah menjaga kekebalan tubuh sehingga sangat baik jika anda mengonsumsi buah naga setiap hari.


Vitamin B1


Kandungan Vitamin B1 pada buah naga tidak kalah tinggi, jika anda adalah salah satu orang yang menyukai menu sarapan berupa roti gandum, cobalah untuk menutup sarapan anda dengan jus buah naga. Kegunaan buah naga melalui kandungan vitamin B1 pada buah naga dapat mengubah karbohidrat menjadi energi yang siap digunakan untuk bekerja.


Vitamin B3


Fungsi utama dari vitamin B3 adalah sebagai penurun kadar kolesterol jahat didalam tubuh, jika anda memiliki kolesterol yang terlalu berlebih, rajin-rajin lah mengonsumsi buah naga, bagi anda yang kadar kolesterolnya normal pun,anda dapat melakukan pencegahan dengan mengonsumsi buah naga.


Vitamin B12


Kegunaan buah naga melalui kandungan vitamin B12 di dalamnya yaitu dapat membantu menjaga sistem syaraf tetap normal, selain itu untuk melancarkan proses pembentukan DNA. Dan yang tidak kalah penting adalah dapat membantu pembentukan sel darah merah didalam tubuh.

Selain vitamin, buah naga juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, beberapa kegunaan buah naga dengan kandungan seratnyaadalah :


Menjaga Kesehatan Usus


Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat, kesehatan usus secara keseluruhan dapat terjaga dengan baik.Serat juga dapat mencegah terjadinya kanker usus.


Mencegah Diabetes


Serat yang tersimpan di dalam buah naga bisa membantu penyerapan darah terhadap gula semakin rendah, ini tentu baik dalam mencegah penyakit diabetes.


Menurunkan berat badan


Dengan mengonsumsi buah naga yang kaya akan serat, kondisi perut anda akan semakin terkontrol, anda dapat mengurangi porsi makan anda tanpa mengurangi asupannutrisinya.


Mencegah serangan Jantung


Serat dapat berfungsi sebagai pencegah inflamasi dan juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, tentu ini adalah hal yang baik dalam mencegah serangan jantung.

Di dalam buah naga ada kandungan lainnya yang juga tidak kalah pentingnya bagi tubuh, yaitu kandungan mineral. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai kegunaan buah naga melalui kandungan mineralnya:

  • Memperkuat Tulang
  • Sebagai transmisi Syaraf pada system syaraf
  • Sebagai Katalisator pada darah dalam proses pembentukan thrombin dan protrombin
  • Dan lain sebagainya

Buah naga juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, berikut adalah kegunaan buah naga berdasarkan kandungan proteinya :

  • Sebagai sumber energy dalam tubuh
  • Sebagai pembentuk otot, ini sangat cocok untuk anda yang gemar berolahraga ringan maupun berat
  • Dapat menjadi energy bagi anda yang diet rendah gula
  • Sebagai penetral zat-zat berbahaya yang masuk kedalam tubuh
  • Membantu pertumbuhan anak-anak

Demikian adalah kegunaan buah nagaberdasarkan nutrisinya.Jadi mulai sekarang masukkanlah buah naga ke dalam menu makanan harian anda. Semoga informasi diatas tentang kegunaan buah naga dapat menjadi sebuah inspirasi untuk kesehatan anda.