Gangguan Kesehatan Yang DiakibatkanKekurangan Vitamin A

Tubuh kita memerlukan asupan vitamin yang cukup setiap harinya, bukan hanya vitamin A namun juga vitamin-vitamin lainnya. Jika salah satu kebutuhan akan vitamin tidak tercukupi, tubuh kita akan terserang beberapa penyakit. Dalam hal ini adalah kekurangan vitamin A, akibat kekurangan vitamin A yang paling dikenal oleh kalangan masyarakat adalah gangguan pada mata, seperti katarak, rabun jauh dan lain sebagainya.

Namun ternyata akibat kekurangan vitamin A bukan hanya menyebabkan gangguan pada organ mata, kekurangan vitamin A dapat terjadi karena beberapa hal, seperti tubuh yang tidak dapat menyerap vitamin A dengan sempurna atau bahkan peningkatan kebutuhan akan vitamin A yang tidak diimbangi dengan asupanya. Selain gangguan mata, kekurangan vitamin A juga dapat menyebabkan gangguan fungsi hati.

Secara lebih mendetail, berikut adalah beberapa akibat kekurangan vitamin A yang dapat terjadi pada tubuh :


Gangguan Usus dan Saluran Kemih


Vitamin A berkontribusi penting dalam hal menjaga kesehatan dinding usus, jika vitamin A tidak mencukupi, maka keadaan usus akan terganggu dan tidak dapat bekerja dengan maksimal sebagaimana keadaan normal.

Seperti yang kita ketahui, usus adalah salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk menyerap nutrisi-nutrisi dan juga air dari makanan yang kita konsumsi, jika keadaan dinding usus terganggu, maka penyerapan nutrisi dan air dari makanan yang kita konsumsi juga akan mengalami gangguan.

Akibat kekurangan vitamin A dalam hal ini adalah mengakibatkan infeksi pada saluran kemih karena kurangnya penyerapan air. Sebelum gangguan pada usus dan saluran kemih ini merembet ke penyakit-penyakit berbahaya lainnya, alangkah lebih baik jika dapat kita mencukupi kebutuhan vitamin A sebagaimana semestinya.


Gangguan Pada Kesehatan Kulit


Akibat kekurangan vitamin A yang berikutnya adalah kemampuan sel-sel kelenjar untuk memproduksi mukus akan terganggu, mukus adalah zat yang berguna untuk menjaga kelembaban kulit kita.

Jika produksi mukus terganggu, yang terjadi justru meningkatnya produksi sel-sel epitel yang akan membuat kulit menjadi kering dan bersisik. Jika ini terjadi, kulit kita bukan hanya kering dan bersisik, namun jika terdapat luka pada bagian kulit, akan sangat lama proses penyembuhanya.

Produksi mukis yang mengalami penurunan produksi akan membuat kulit sangat mudah terkena bakteri yang akhirnya akan menyebabkan infeksi pada kulit. Akibat kekurangan vitamin A bagi kulit tidak dapat dianggap sepele, jika dibiarkan terlalu lama, infeksi sering terjadi dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi penyakit kanker kulit.


Gangguan Mata


Sudah disebutkan diatas mengenai gangguan mata akibat kekurangan vitamin A. Memang yang paling mudah dirasakan dan dimengerti akibat kekurangan vitamin A adalah terjadinya gangguan pada mata.

Gangguan ini dapat terjadi dengan banyak penyakit mata, seperti katarak, rabun jauh, dan beberapa penyakit mata lainnya. Jika anda mengalami gangguan mata, bisa jadi and adalah salah satu orang yang kekurangan vitamin A pada tubuh anda.

Untuk mengatasinya, anda dapat mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin A. Jika kondisi gangguan mata sudah cukup parah, anda dapat meminum jus wortel setiap hari, ini akan membantu mengatasi masalah mata anda.

Demikian adalah beberapa gangguan kesehatanakibat kekurangan vitamin A, jika anda telah divonis kekurangan vitamin A, cobalah untuk lebih rajin mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A, atau jika diperlukan anda dapat menyuplai tubuh anda dengan vitamin A yang sudah dalam bentuk kapsul atau sirup.

Sampai disini informasi mengenai akibat kekurangan vitamin A, semoga dapat bermanfaat dan juga menginspirasi kesehatan anda akan kebutuhan vitamin A .

Add Comments

Disqus Comments