Faktor Penyebab Bayi Lahir Cacat

Faktor Penyebab Bayi Lahir Cacat – Ketika sedang mengandung, anda pasti mendamba dan mengimpi-impikan anak yang lahir dengan sehat dan sempurna, tanpa kekurangan suatu hal apapun. Anda juga sudah mencoba yang terbaik untuk melindungi anak, mulai dari sang anak masih di dalam kandungan. Namun terkadang, meskipun anda sudah berusaha semaksimal mungkin, ketika anak anda lahir ada sesuatu yang tidak lengkap dari anak anda. Penyebab bayi lahir cacat juga beraneka ragam, begitu juga dengan kecacatan yang dibawa sang anak.

Salah satu ketidaksempurnaan bayi ketika lahir yang sering terjadi adalah microtia. Microtia merupakan ketidaksempurnaan telinga, mulai dari tidak sempurnanya daun telinga hingga sama sekali tidak ada lubangnya. Sebenarnya, apa saja penyebab bayi lahir cacat? Berikut ulasannya :

  1. Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji yang Berlebihan

Makanan cepat saji berlebihan memang tidak dianjurkan, terlebih pada ibu yang sedang mengandung. Makanan ini dapat memberikan efek negatif pada perkembangan otak janin dan ketika anak anda lahir, anak anda bisa memiliki IQ yang rendah.

  1. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein

Hal ini bisa menjadi penyebab bayi lahir cacat atau setidaknya perkembangan otak anak anda tidak berjalan maksimal, sehingga anak anda akan kesusahan menerima pelajaran di sekolah.

  1. Mengkonsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol ketika mengandung dapat menyebabkan janin terlahir tidak sempurna. Selain itu dapat juga menyebabkan kerusakan otak pada anak anda.

  1. Kekurangan Asam Folat

Asam folat sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin, dan menjadi kunci dalam pembentukan metabolisme dan DNA pada janin. Kekurangan zat ini dapat menjadi penyebab bayi lahir cacat dan mengidap spina bifida.

  1. Merokok

Asap rokok memang tidak baik bagi semua kalangan.Asap rokok dapat menyebabkan bayi lahir dengan tidak sehat, prematur dan dapat menyebabkan kegagalan janin hingga kematian janin.

  1. Kekurangan Yodium

Kekurangan yodium dapat menyebabkan gangguan kognitif pada janin, juga gangguan psikomotorik dan biasanya bersifat permanen. Maka, penuhilah kebutuhan nutrisi anda dan janin anda ketika anda sedang mengandung.

  1. Kekurangan Vitamin D

Kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang kurang. Vitamin ini juga berperan penting dalam pembentukan tulang pada janin di dalam kandungan.Yang tidak kalah penting lagi, ibu yang mengandung dengan terpenuhi kebutuhan vitamin D nya, sebagian besar dapat melahirkan anak yang cerdas.

  1. Ibu mengandung yang mengalami Obesitas

Obesitas memang tidak baik karena dapat menjadi sarang beberapa penyakit yang berbahaya, begitu juga dengan ibu mengandung. Ibu yang obesitas dapat menjadi penyebab bayi lahir cacat dan prematur. Keadaan ini juga bisa menyebabkan anak yang dilahirkan mengalami obesitas, juga ketika masih anak-anak atau setelah beranjak dewasa.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab bayi lahir cacat. Ketika sedang mengandung, sangat dianjurkan bagi anda untuk menerapkan hidup yang lebih sehat. Karena anda tidak hanya sedang menjaga kesehatan diri anda sendiri, namun juga menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungan anda.

Add Comments

Disqus Comments