Ciri Ciri Bayi Yang Sehat

Ciri Ciri Bayi Yang Sehat – Memiliki bayi yang sehat adalah dambaan semua orang tua. Setiap orang tua pasti mengusahakan yang terbaik agar bayinya bisa sehat, dan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Ciri-ciri bayi yang sehat adalah yang tidak sakit. Benar bukan? Hal ini memang benar, tetapi ada ciri-ciri bayi yang sehat yang lainnya yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  1. Pertama kali bayi terlahir, bayi akan menangis

Tidak semua bayi langsung menangis ketika dilahirkan.Ada beberapa bayi yang harus dipancing terlebih dahulu agar menangis. Suara bayi menangis yang nayring dan keras pada saat dilahirkan, merupakan salah satu ciri-ciri bayi yang sehat. Hal ini karena tangisan bayi pertama berfungsi melonggarkan saluran pernafasan, sehingga membuat nafasnya lebih lancar.

  1. Berat badan ideal

Ciri-ciri bayi yang sehat yang lainnya adalah berat bayi ketika dilahirkan. Berat minimal yang harus dimiliki bayi ketika dilahirkan adalah 2.5 kg. Untuk beberapa kasus seperti bayi prematur, biasanya tidak memiliki berat sampai angka tersebut, sehingga butuh perawatan khusus setelah dilahirkan.

  1. Bayi yang sehat akan bergerak dengan aktif

Hal pertama yang bisa diperhatikan adalah ketika bayi menggerakkan tungkai tangannya dengan aktif.

  1. Nafasnya ringan dan teratur

Ciri-ciri bayi yang sehat berikutnya adalah nafasnya yang terasa ringan dan teratur. Ketika bayi anda bernafas, bayi anda tidak seperti ngos-ngosan, atau nafasnya terasa berat.

  1. Perhatikan warna matanya

Jika bagian putih matanya berwarna putih dan tidak kekuningan, maka bayi anda kemungkinan besar dalam keadaan sehat.

  1. Warna air seni

Warna air seni bayi yang sehat akan berwarna bening atau sedikit kekuningan. Jika urine bayi anda terlihat keruh, ada baiknya anda melakukan konsultasi dengan dokter.

  1. Feses bayi

Dari hari pertama hingga hari ketujuh, feses bayi akan berwarna hijau jika bayi anda sehat. Hal ini sangat untuk diperhatikan sebagai ciri-ciri bayi yang sehat.

  1. Warna kulit

Ciri-ciri bayi yang sehat selanjutnya adalah kulitnya yang berwarna kemerahan ketika dilahirkan. Bagian kulit yang warna kemerahannya sangat mencolok biasanya terletak pada wajah, kulit tangan dan kaki serta bibir.

  1. Organ tubuh tidak cacat

Ciri-ciri bayi yang sehat berikutnya yang tidak kalah penting adalah sempurnanya seluruh organ tubuh, atau bisa disebut tanpa cacat.

  1. Kontak mata

Ciri-ciri bayi yang sehat selanjutnya yang bisa anda perhatikan adalah kontak mata. Bayi menyukai kontak mata dan tersenyum pada orang lain. Kontak mata ini biasanya terjadi ketika bayi sudah menginjak usia satu bulan. Bayi juga menyukai warna-warna cerah. Pancinglah bayi dengan benda-benda berwarna cerah yang ada disekitar anda, hal ini juga untuk merangsang indera penglihatannya.

Itulah beberapa ciri-ciri bayi yang sehat yang bisa anda perhatikan sendiri. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter anda sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Selain itu, jangan lupa juga untuk memberikan imunisasi wajib yang telah dicanangkan pemerintah.

Add Comments

Disqus Comments