Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat, Berminyak, dan Berkomedo

Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat – Wajah harus mendapatkan perhatian khusus setiap hari. Terutamabagi anda para wanita yang sering menggunakan make-up.Membersihkan wajahsecara menyeluruh, penggunaan pelembab, dan juga perawatan secara rutin harus anda lakukan agar wajah anda bebas dari minyak, jerawat, serta bebas dari komedo.

Ada banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh wanita pada umumnya, antara lain, tidak membersihkan wajah mereka dengan cara yang benar, tidak membersihkan wajah secara menyeluruh, seringkali tidak meluangkan waktu untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang terjebak di pori-pori, serta tidak peduli terhadap makanan yang dikonsumsi. Dankesalahan yang paling sering dilakukan juga antara lain, salah memilih kosmetik, salah memilih produk untuk wajah dengan tipe kulit yang berbeda dan lain-lain.

Kesalahan-kesalahan tersebut seringkali berakibat fatal yang menyebabkan wajah menjadi tidak menarik, berjerawat, menjadi tua dan rusak. Danbeberapa orang terkadang sering menggunakan sabun pembersih muka yang justru memancing wajah memproduksi minyak secara berlebihan.


Cara merawat wajah agar tidak berjerawat, berminyak, dan berkomedo


Bagi Anda yang peduli dengan wajah anda serta ingin mengetahui beberapa tips dan trik untuk merawat wajah agar bebas dari minyak, tidak berjerawat, serta terhindar dari komedo, berikut beberapa tips yang bisa anda jadikan sebagai acuan.


Mengatasi wajah berminyak


Kulit wajah yang berminyak sebenarnya merupakan salah satu keuntungan yang anda miliki, dan tidak harus disingkirkan hingga menjadi kering. Apakah anda tahu bahwa minyak tersebut bisa melembabkan wajah dan menjadikannya lebih awet muda serta sehat?Namun sebaliknya, apabila minyak diwajah diproduksi secara berlebihan, hal tersebut tentu saja tidak baik, disamping dapat menyebabkan wajah terlihat tidak menarik, kelebihan minyak juga dapat mendatangkan banyak masalah di antaranya adalah, jerawat serta komedo.

Jadi, apabila anda memiliki tipe wajah yang berminyak, berjerawat, dan berkomedo, sebaiknya Anda memulai merawat wajah anda dengan mengatasi kelebihan minyak tersebut terlebih dahulu, barulah kemudian Anda bisa melangkah ke perawatan jerawat serta komedo.


Penyebab wajah berminyak


Ada banyak penyebab mengapa wajah memproduksi minyak secara berlebihan di antaranya adalah,

  • Apabila cuaca terlalu panas.
  • Sering mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak.
  • Karena perubahan hormon
  • Tidak beristirahat secara teratur, terutama pada malam hari.
  • Menggunakan produk yang salah, yaitu produk yang memancing keluarnya minyak di wajah.
  • Menggunakan sabun wajah yang terlalu keras seperti sabun antiseptik untuk wajah.
  • Pori-pori yang terlalu besar.
  • Dll

Setelah anda mengenali beberapa faktor yang menyebabkan wajah menjadi berminyak dan terlihat kusam, tentu anda sudah bisa mengambil ancang-ancang apa yang seharusnya dilakukan untuk mengurangi kelebihan minyak tersebut bukan?!


Cuci muka


Kita akan memulai dengan mencuci muka secara teratur dan rutin.Perlu Anda ingat bahwa mencuci muka disini tidak menggunakan bantuan khusus seperti sabun maupun yang lainnya. Mencuci muka yang dimaksud adalah mencuci muka menggunakan air bersih normal setiap berapa hari untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah. Metodeini, selain tidak membuat minyak di wajah menjadi kering, juga dapat menjaga wajah tetap lembab dan segar. Dengandemikian, pori-pori kulit di wajah pun akan menjadi lebih kecil sehingga minyak akan berkurang secara signifikan.


Manfaatkan bahan alami


Metode selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah yaitu menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Salahsatu bahan alami yang bisa anda gunakan adalah putih telur.

Cara memanfaatkan putih telur untuk mengurangi minyak diwajah sebenarnya sangat mudah. Andacukup menyediakan satu butir telur, kemudian pisahkan antara kuning dan putihnya. Gunakanputih telur tersebut untuk mengolesi wajah anda dan biarkan hingga mengering. setelah itu, Anda bisa membersihkannya dan mencucinya seperti biasa.

Setelah wajah anda bersih dan bebas dari putih telur gunakan air mawar atau air dingin untuk memberikan kesegaran pada kulit wajah anda.

Metode ini tidak harus dilakukan setiap hari ini, melainkan, bisa dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali.


Makanan dan minuman


Sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga makanan dan minuman yang ia konsumsi tiap hari. Makanan dan minuman yang anda konsumsi bisa menjadi salah satu penyebab mengapa wajah berminyak. Oleh karena itu, cobalah menghindari makanan-makanan berlemak atau makanan-makanan yang digoreng karena sering kali mengandung lemak dan tidak sehat.

Perhatikan porsi sayuran dan buah-buahan yang anda konsumsi setiap hari. Kebanyakan orang yang tinggal di Indonesia kurang memakan sayuran dan tidak banyak memakan buah-buahan. Cobalahubah gaya makan Anda dengan rajin mengkonsumsi sayuran karena mereka kaya akan vitamin, mineral, serta bisa menjadi sumber serat.

Selain itu, buah-buahan juga sangat dianjurkan agar kulit wajah tetap sehat, lembab, dan bercahaya.

Setelah anda bisa merubah makanan yang anda konsumsi sehari-hari, selanjutnya Anda juga harus memperhatikan jumlah air yang anda konsumsi. Menurutahli kesehatan, jumlah air yang dikonsumsi setiap hari bisa disesuaikan dengan aktifitas yang Anda kerjakan. Apabila Anda membutuhkan banyak air, Anda bisa mengkonsumsi 2 atau 3 liter air per hari. sedangkan apabila anda tidak bekerja terlalu keras, Anda bisa mengkonsumsi setidaknya 2 liter perhari.

Bagi Anda yang bekerja di ruangan ber AC atau dengan cuaca yang dingin, sebaiknya Anda mempersiapkan air minum untuk di minum sewaktu waktu dalam beberapa jam sekali. Iniuntuk menghindari dehidrasi yang menyebabkan kulit wajah menjadi kering sehingga memaksanya mengeluarkan lebih banyak minyak untuk melembabkan.


Gunakan kosmetik yang tepat


Bagi Anda yang sering menggunakan kosmetik, menggunakan pelembab yang tepat tidak terlalu banyak mengandung minyak adalah metode tepat untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah.

Saat Anda memilih kosmetik, perhatikan apakah kosmetik tersebut cocok untuk wajah berminyak atau sebaliknya. Karena tidak sedikit kosmetik yang tidak cocok untuk kulit wajah berminyak dan justru menjadikannya menjadi lebih parah.


Mengatasi wajah berjerawat


Setelah anda mengatasi kelebihan minyak di wajah anda,sekarang kita akan beralih untuk mengatasi jerawat serta mencoba mencegahnya kembali.

Jerawat diakibatkan salah satunya adalah karena bakteri, atau karena tersumbatnya pori-pori yang menyebabkan infeksi jerawat. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk selalu membersihkan wajah secara menyeluruh setelah beraktivitas seharian, setelah menggunakan make-up, dan jangan lupa melakukan eksfoliasi setidaknya seminggu sekali untuk menghindari agar jerawat tidak tumbuh kembali, Anda juga harus mencuci wajah secara benar.

Mencuci wajah secara benar bisa dimulai dari membuka pori-pori wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat, lalu bersihkan wajah anda dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang tidak terlalu keras. Dengan begitu, maka sisa kotoran dan sisa make-up yang terjebak di dalam pori-pori bisa diangkat dengan lebih mudah.

Hindari penggunaan air panas untuk mencuci wajah karena dapat menyebabkan wajah menjadi kering.

Selain itu, yang perlu anda perhatikan juga adalah tips-tips umum yang sering kita temukan di beberapa artikel antara lain,

  • Hindari memencet jerawat karena hal tersebut justru akan menambah jerawat. Memencetjerawat dapat menyebabkan iritasi, kulit menjadi luka dan meninggalkan bekas, serta apabila bakteri yang terdapat didalam jerawat tersebut masih tertinggal di kulit, justru akan menyebabkan bagian kulit yang lainnya ditumbuhi jerawat.
  • Kurangi makanan berlemak dan rajinlah minum air putih.
  • Jangan gunakan sabun pembersih muka jika anda merasa itu adalah salah satu penyebab mengapa jerawat muncul di wajah anda.
  • Jangan terlalu sering menyentuh wajah anda menggunakan tangan yang tidak bersih atau cobalah menjauhkan rambut Anda karena biasanya rambut kotor dan menjadi salah satu sumber bakteri.
  • Hindari penggunaan handuk yang kotor dan jarang dicuci, serta hindari menggosok wajah terlalu keras saat mengeringkan air.

Mengatasi komedo di wajah


Pori-pori yang membesar akibat kelebihan minyak di wajah akan sangat mudah disusupi oleh kotoran. Kotorantersebut kemudian terjebak dan mengering yang berubah menjadi komedo.

Untuk mengurangi komedo di wajah, maka kita harus terlebih dahulu menjalankan langkah yang pertama, yaitu, mengurangi kelebihan minyak diwajah dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan-makanan yang lemak serta digoreng.

Kemudian secara rutin Anda harus mencuci muka dengan benar untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang terdapat di pori-pori.

Untuk tahap terakhir dalam proses pencucian muka yang perlu anda perhatikan yaitu, penggunaan air dingin (diakhir langkah mencuci muka) untuk menutup pori-pori atau memperkecil ukuran pori-pori tersebut.Dengan demikian, maka kesempatan bagi kotoran untuk terjebak di pori-pori menjadi berkurang.

Pada point pertama, yaitu penggunaan putih telur sebagai masker alami yang bisa anda gunakan seminggu sekali, sebenarnya juga bisa membantu mengecilkan ukuran pori-pori dan mengatasi komedo.

Add Comments

Disqus Comments