Cara Merawat Kucing Persia bagi Pemula

Cara Merawat Kucing Persia bagi Pemula – Kucing Persia adalah salah satu jenis kucing paling populer saat ini. Terkenalmemiliki kepribadian yang lembut dan manis serta memiliki rambut panjang yang tebal serta menyenangkan. Sangatlucu dan menarik. Kucing Persia yang memiliki banyak keunggulan. Biasanyamereka bisa menjadi sahabat bagi siapapun serta tidak terlalu banyak menuntut.

Tidak seperti jenis lainnya, jenis Kucing Persia hanya sedikit membutuhkan perhatian khusus.


Kucing Persia


Kebanyakan dari kita mungkin mengetahui bahwa kebanyakan dari Kucing Persia memiliki bulu yang berwarna putih. Akantetapi, sebenarnya Kucing Persia juga datang dengan berbagai warna yang lain, mulai dari warna perak dan emas, warna abu-abu, dan bahkan ada yang juga memiliki warna belang.


Merawat Kucing Persia


Kucing Persia harus selalu dijaga dan disimpan di dalam rumah terutama untuk melindungi bulu-bulu mereka. Jikakucing tersebut pergi keluar, biasanya mereka akan cepat kotor dan akan merusak bulu-bulunya. Sesekali,bulu-bulu kucing tersebut perlu untuk disikat dengan menggunakan sisir logam yang berujung bola-bola, jika tidak,bulu-bulu tersebut akan menjadi kusut dan bahkan ada yang berubah menjadi sedikit gimbal.

Apabila anda memiliki Kucing Persia, dalam perawatannya, kucing tersebut juga membutuhkan mandi secara teratur untuk melindungi bulu-bulunya. Mandi, tidak boleh diabaikan karena itu merupakan salah satu cara menjaga agar Kucing Persia memiliki bulu yang tetap bersih dan juga sehat.

Meskipun beberapa keturunan Kucing Persia bisa mempertahankan sendiri bulu-bulu mereka, namun sebagian perlu bantuan.

Kucing Persia seperti sudah pasti tampak sangat lucu, menggemaskan, dan manis serta lembut. Selain itu, kucing ini juga bisa bergaul hampir dengan semua orang, termasuk juga dengan anak-anak. Merekamemiliki suara yang menyenangkan dan selalu indahuntuk didengar.Kucing Persia bisa berkomunikasi dengan pemiliknya, baik dengan menggunakan mata mereka yang jeli serta suara mereka yang terdengar merdu.Kucing Persia sangat menyenangkan, juga tidak memerlukan perhatian khusus. Walaudemikian, tentu saja setiap kucing juga membutuhkan perhatian, waktu untuk dicintai, dan dikagumi.

Tidak seperti kucing lainnya,Kucing Persia rata-rata tidak melakukan hal-hal seperti memanjat, melompat, atau bermain. Dengankata lain, mereka jarang berkelakuan buruk. Sebagianbesar Kucing Persia sangat suka berjemur di bawah sinar matahari dan menunjukkan kepada orang-orang bahwa mereka memiliki bulu yang benar-benar indah.

Meskipun sebagian besar Kucing Persia bisa dirawat didalam ruangan maupun di luar ruangan, akan tetapi Kucing Persia akan sangat terjaga apabila tetap berada di dalam rumah. Terutama, untuk melindungi bulu mereka dari berbagai penyakit termasuk juga parasit.

Salah satu cara untuk memastikan bahwa hewan peliharaan Anda tetap sehat, setidaknya Anda juga harus sesekali membawa hewan peliharaan tersebut ke dokter hewan. Membawakucing peliharaan ke dokter bisa dilakukan sekali dalam setahun.

Jika dirawat dengan baik,Kucing Persia bisa bertahan hidup hingga 20 tahun. Dansalah satu bagian dari Kucing Persia yang membutuhkan perhatian khusus adalah, bagian matanya. Bagianmata tersebut harus diperiksa secara teratur untuk memastikan bahwa Ia tetap sehat dan bebas dari penyakit.


Tips Merawat Kucing Persiauntuk Pemula


Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki Kucing Persia sebagai binatang peliharaan di rumah, berikut adalah beberapa tips untuk anda dalam merawat Kucing Persia.


Menyikat bulunya


Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu aspek yang paling mencolok atau paling menonjol dari jenis Kucing Persia adalah bulunya yang halus, panjang, dan terlihat sangat indah. karena ini merupakan salah satu daya tarik paling besar yang dimiliki oleh Kucing Persia, maka kita harus rajin membersihkannya dan merawatnya dengan menyikat bulu-bulu tersebut agar tidak kusut, serta tetap terjaga.

Disarankan untuk melakukan penyikatan menggunakan sisir logam bergigi halus setidaknya 15 menit dalam sehari secara perlahan agar bulu-bulu tersebut bebas dari kutu dan gangguan yang lainnya. Meluangkan waktu untuk menyisir bulu-bulu kucing tersebut setidaknya selama 15 menit setiap hari akan membuat bulu mereka tetap sehat.

Yang perlu anda perhatikan saat menyikat bulu-bulu kucing, pastikan anda memberikan perhatian khususpada bagian yang terkadang terlewatkan seperti,bagian tenggorokan, leher, dan ekor. Selain itu, bagian kaki juga harus mendapatkan perhatian khusus saat menyikat. Pastikananda melakukannya secara perlahan dan halus serta tanpa tekanan.


Diet vegetarian


Seperti halnya manusia,Kucing Persia juga memiliki salah satu masalah yang paling sering dialami yaitu, kelebihan berat badan. Secaraalami, kucing jenis ini adalah karnivora. Namun, apabila dibiasakan, mereka juga bisa merespon apabila diberikan makanan vegetarian. Dengan memberikannya makanan-makanan vegetarian, biasanya kucing akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari kegemukan.

Walau demikian, sangat baik dan bijaksana Apabila Anda juga berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu sebelum merubah diet hewan peliharaan yang anda miliki.

Tidak dianjurkan melakukan perubahan secara radikal terhadap makanan kucing karena dapat membuat mereka menjadi stres. Untukmerubah kebiasaan makan kucing yang anda miliki, lakukanlah secara perlahan dengan transisi yang lembut dan baik. Cobalah memulai menggabungkan makanan lama dengan makanan baru sedikit demi sedikit hingga makanan lama benar benar terganti sama sekali.

Metode ini terbukti sangat baik terutama untuk menjaga agar usus kucing tidak mengalami potensi yang mengganggu karena pergeseran pola makan dan jenis makanan.


Memandikan kucing


Kita tahu bahwa kebanyakan kucing takut air. Begitu juga dengan Kucing Persia. Akantetapi, kucing jenis ini sangat membutuhkan mandi, setidaknya seminggu sekali atau sebulan sekali. Terutamaapabila kucing tersebut sering bermain di luar.

Jadi kesimpulannya, frekuensi memandikan kucing bisa dilihat dari apakah ia sering kotor atau tidak.

Memandikan kucing secara teratur dapat mengurangi penyebaran bakteri, baik di rumah, terhadap kucing itu sendiri, dan juga terhadap pemiliknya.


Berikan perhatian khusus pada mata


Kucing Persia cenderung memiliki mata yang berkaca-kaca, berkerak, dan lengket. Iniadalah salah satu bagian dari kucing yang sangat mudah terinfeksi bakteri. Oleh sebab itu, sebagai pemiliknya Anda harus memberikan sedikit perhatian khusus kepada matanya.

Untuk membersihkan bagian mata kucing, Anda bisa menggunakan tisu bersih atau Anda juga bisa menggunakan pembersih mata kucing yang memang diformulasikan khusus untuk hewan. Namunbagi Anda yang tidak memiliki banyak uang atau tidak menemukan air pembersih mata kucing, Anda bisa menggunakan handuk bersih atau tisu yang dibasahi dengan air hangat.


Menyimpannya di dalam ruangan


Cara terbaik untuk merawat Kucing Persia adalah dengan menyimpannya di dalam ruangan, walaupun pada umumnya kucing sangat menikmati alam bebas.

Namun, kembali ditekankan, seperti yang kita tahu bahwa bulu-bulu dari Kucing Persia yang sangat panjang sangat mudah kotor, mudah terkena kutu, bakteri dan lain-lain apabila mereka sering berjalan di luar.Kucing Persia yang sering bermain di luar kadang kala sangat berbahaya terutama untuk kesehatan manusia dan hewan itu sendiri.


Perhatikan suhu tempat kucing tinggal


Hewan seperti Kucing Persia tidak terlalu menyukai tempat yang beriklim dingin serta lembab. Merekamenyukai tempat tempat yang kering dan hangat.


Penyakit umum Kucing Persia


Salah satu penyakit yang paling umum sering ditemukan pada Kucing Persia adalah penyakit ginjal. 36 hingga 49 persen Kucing Persia sering menderita penyakit ginjal polikistik. Biasanya penyakit tersebut ditandai dengan kurangnya nafsu makan, sering minum dan buang air kecil, serta bisa berlangsung antara 3 hingga 10 tahun. Selain itu, tanda-tanda lainnya adalah, depresi dan tidak menyukai apabila dibersihkan, atau jika kucing terlihat sedikit stres.

Jika Penyakit ini dibiarkan dan tidak didiagnosa, akan membahayakan bagi kucing dan dapat menyebabkan pembengkakan pada ginjal atau yang paling parah dapat menyebabkan gagal ginjal.

Jika gejala-gejala diatas muncul pada kucing Anda, segeralah membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan.


Hindari pemberian makan berlebihan


Berat badan yang berlebihan pada kucing menyebabkan mereka malas, serta kucing juga menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Jadi, pada saat anda memberikan makan kepada kucing, perhatikan agar tidak terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan beberapa masalah seperti diare, muntah-muntah, atau bahkan dapat menyebabkan perut mereka menjadi lebih sensitif.

Pemberian makanan pada Kucing Persia juga tidak bisa sembarangan. Anda harus sedikit bereksperimen karena beberapa kucing mungkin menyukai makanan yang mengandung sedikit daging, atau bahkan beberapa kucing mungkin tidak menyukai makanan-makanan yang mahal.


Bersihkan telinga kucing secara teratur


Selain bagian mata, bagian telinga juga harus rajin dibersihkan. Biasanyabagian telinga membutuhkan lebih banyak pembersih.

Cara membersihkannya juga cukup sederhana, Hampir sama seperti cara membersihkan matanya. Anda bisa memanfaatkan tisu atau kain lap yang dibasahkan dengan air hangat.


Usia Kucing Persia


Pada umumnya, kucing ini bisa hidup antara 10 hingga 15 tahun. Namun apabila anda merawat mereka secara benar dan baik dengan rajin membersihkan bagian hidung, telinga, mata serta bulunya, dan juga rajin memandikan kucing apabila terlihat kotor, anda mungkin bisa bersamanya hingga 20 tahun.