[PANDUAN] Cara Merawat Kucing Anggora bagi Pemula

Cara Merawat Kucing Anggora – Kucing Anggora merupakan salah satu kucing yang menyenangkan dan bisa menjadi sahabat manusia, serta kucing jenis ini merupakan salah satu binatang peliharaan yang cantik dan menyenangkan, terkenal cerdas serta sangat aktif.

Tidak seperti kebanyakan kucing pada umumnya (selain jenis Van), jenis kucing ini sangat suka sekali dimandikan dan pandai berinteraksi dengan manusia terutama dengan pemiliknya.

Beberapa fakta unik mengenai kucing ini juga turut menarik perhatian banyak orang untuk memeliharanya. Walau demikian, Kucing Anggora memang tidak sering kita temui seperti Kucing Persia.

Kebanyakan Kucing Anggora memiliki bulu berwarna putih dengan mata biru atau mata berwarna sebelah biru dan sebelah kuning. Seperti juga Kucing Persia, jenis kucing ini memiliki bulu yang panjang dan halus di sekujur tubuhnya bahkan hingga ekornya. tubuhnya terlihat sedikit panjang dan ramping.


Sejarah Kucing Anggora


Pada awalnya, Kucing Anggora Turki berasal dari daerah pegunungan di Turki, dimana mereka mulai berkembang biak dengan bulu-bulu panjang yang bisa melindunginya terutama pada musim dingin. Diduga bahwa kucing ini pada awalnya berasal dari kucing biasa yang kemudian berevolusi.

Pada abad ke-16, Kucing Anggora mulai diimpor ke Eropa. Pada awalnya merupakan sebuah hadiah yang diberikan oleh Sultan Turki kepada Raja di Inggris.

Sedangkan di Amerika, Kucing Anggora pertama kali masuk pada tahun 1954. Dan hingga saat ini, Kucing Anggora sudah kembang biak dengan cukup baik diberbagai tempat dan dikenal secara luas termasuk juga di Indonesia.


Daya tarik Kucing Anggora


Diantara beberapa daya tarik Kucing Anggora yang menyebabkan banyak orang menyukainya adalah, kucing ini sangat penyayang walaupun terlihat sedikit malu-malu pada saat bertemu dengan orang asing, sangat setia, aktif dan cenderung memiliki ikatan tertentu dengan satu orang.

Walaupun anda memiliki banyak anggota keluarga, biasanya kucing tersebut hanya akan setia dan menykai 1 orang saja. Dan dari satu orang tersebutlah dia akan meminta kasih sayang serta ia akan mengabdikan dirinya kepada seseorang tersebut. Itu jugalah yang menjadi alasan mengapa Kucing Anggora merupakan sahabat yang baik bagi mereka yang tinggal sendirian.

Setelah kucing tersebut memiliki ikatan yang khusus dengan seseorang, dia akan menjadi sahabat setia yang loyal dan tanpa sarat. Dikatakan bahwa kucing jenis ini juga memiliki sifat intuitif yang sangat baik dan bisa mengerti jika majikan memiliki masalah atau sakit.


Kesehatan Kucing Anggora


Kucing Anggora terkenal aktif dan sangat suka bermain. Salah satu mainan favorit Kucing Anggora adalah tikus, entah itu yang nyata atau yang palsu. Mereka sangat menyukainya untuk diterkam, dilemparkan atau disembunyikan di tempat-tempat tertentu. Kucing Anggora yang suka bermain bisa melompat di atas lemari, berlari kesana kemari, dan bahkan bisa saja beristirahat atau tidur di tempat-tempat yang tinggi seperti rak dan lain-lain.

Kucing Anggora terkenal sangat menyukai air dan bahkan ini merupakan salah satu tempat favorit mereka. Jadi jangan heran apabila suatu saat kucing anda akan ikut nyebur ke bak mandi.

Jenis kucing ini perlu banyak perhatian khusus karena sangat mudah depresi apabila dibiarkan sendirian dalam waktu yang lama. dengan kata lain, Anda harus memperhatikan dan memberikan waktu yang banyak untuk jenis kucing ini terutama apabila anda memeliharanya.

Kucing Anggora juga terkenal sangat cerdas dan mudah untuk dilatih serta bisa menerima perintah. Biasanya apabila dilatih secara baik, kucing ini tahu bagaimana cara membuka pintu, lemari, dan juga tas.


Masalah Kesehatan Kucing Anggora


Cacing pita

Masalah kesehatan yang sering dialami oleh kucing jenis ini yaitu, adanya parasit yang hidup di dalam usus halusnya. Parasit atau cacing pita bisa menyebabkan diare, Kurang nafsu makan, avitaminosis, batuk-batuk dan masalah kesehatan perut lainnya.


Cara Merawat Kucing Anggora untuk pemula


Membersihkan telinga kucing

Seperti kucing peliharaan yang lain , kucing jenis ini juga membutuhkan perhatian khusus terutama pada bagian telinga. Anda sebagai pemiliknya setidaknya harus membersihkan bagian telinga kucing seminggu sekali agar terhindar dari berbagai infeksi dan juga bakteri. Berkonsultasilah dengan dokter hewan jika anda tidak mengetahui bagaimana cara membersihkan telinga kucing menggunakan larutan pembersih yang tepat. Namun apabila anda kesulitan untuk menemukan dokter hewan, Anda bisa membersihkan sendiri kelebihan lilin pada kuping mereka serta beberapa tahi telinga dengan menggunakan lap basah atau tisu yang di rendam dengan air hangat.

Merawat gigi

Bagian lain dari kucing ini yang harus diperhatikan adalah giginya. Gigi mereka harus diperiksa secara berkala dan disikat dengan menggunakan sikat khusus untuk mencegah penyakit gusi dan gigi.

Biasanya di toko hewan tersedia banyak mainan kucing yang memang dirancang secara khusus untuk menghilangkan sisa makanan pada gigi dan bermanfaat untuk mencegah iritasi.

Tempat makan kucing

Apabila anda memberikan makan untuk kucing Anda menggunakan baki atau menggunakan wadah tertentu, jangan lupa untuk selalu membersihkannya dan tidak meninggalkan kotoran yang bisa berubah menjadi keras.

Material padat yang ada diwadah makan dari kucing tersebut apabila mengeras bisa menyebabkan kucing terluka. Selain itu, berkebalikan dengan Kucing Persia, Kucing Anggora terkenal sedikit rewel dan biasanya enggan menggunakan nampan yang kotor.

Mainan kucing

Jika anda membelikan mainan untuk kucing Anda, atau jika anda memberikan mainan tertentu pastikan bahwa mainan itu tidak bisa tertelan. Tidak dianjurkan memberikan mainan kepada kucing berupa karet gelang atau kantong plastik Karena bisa sangat berbahaya. Biasanya kantong plastik maupun karet gelang tidak bisa terdeteksi oleh sinar X Apabila terjadi pemeriksaan.

Bulu yang tertelan

Kucing Anggora juga sering menjilati bulunya dan terkadang bulu-bulu tersebut ikut masuk kedalam sistem pencernaan mereka. Secara umum, bulu-bulu tersebut akan ikut keluaran dengan kotoran mereka pada saat BAB. Walau demikian, sebagian, atau terkadang bulu-bulu tersebut mengendap di dalam usus dan berubah menjadi bola-bola bulu yang bisa mengganggu pencernaan.

Kutu

Bulu kucing yang bersih dan terawat biasanya bebas dari kutu. Akan tetapi, apabila tidak dirawat dan dimandikan selama berbulan-bulan, kucing akan mudah terkena kutu tetrutama apabila ia melakukan kontak dengan hewan peliharaan lainnya yang terinfeksi kutu. Kutu bisa berasal dari tempat tidur maupun dari tempat-tempat lainnya. Jadi, pastikan bahwa anda selalu memandikan dan merawat serta menyikat bulu-bulu kucing dengan lembut menggunakan sikat berbahan logam.


Cara Merawat anak kucing Anggora


Apabila Anda membeli anak Kucing Anggora, pastikan anda mengunci semua pintu dan juga jendela, apabila anda berencana meletakkannya di dalam rumah atau di dalam kamar. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, kucing jenis ini sangat aktif dan suka melompat-lompat serta berlari ke manapun yang ia inginkan. Jadi, untuk mencegah agar kucing tersebut tidak melarikan diri, pastikan rumah anda lebih tertutup.

Anak kucing biasanya takut kepada anak-anak atau hewan peliharaan yang lainnya. Apabila terdapat anak-anak di rumah Anda, dan apabila anda memelihara anak kucing, pastikan anda memberitahu anak-anak anda untuk lebih tenang.

Apabila anda memiliki kucing yang lebih dewasa, biasanya kucing yang lebih dewasa juga bisa menyerang kucing yang masih kecil. Oleh sebab itu Anda diharuskan untuk berhati-hati dan memisahkan mereka.

Jenis kucing ini sangat menyukai tempat-tempat yang hangat, jadi, pastikan bahwa anda memiliki satu ruangan khusus yang hangat seperti tempat tidur atau kamar tertentu.

Itulah cara yang bisa kami berikan untuk Anda yang ingin merawat kucing anggora baik anakan maupun dewasa. Dengan mengikuti saran yang kami berikan tentunya akan sangat membantu Anda untuk bisa merawat kucing dengan baik dan benar,.

Recent search terms:

  • cara merawat kucing anggora
  • cara memelihara kucing anggora
  • Cara merawat ku
  • merawat kucing anggora
  • cara ngurus kucing anggora
  • cara perawatan kucing ang
  • cari cara perWatan kucing anggora
  • Harga dan cafa perawatan kucing anggoran dan persia
  • https://mimunmedia com/cara-merawat-kucing-anggora-bagi-pemula/
  • alat dan tata cara merawat kucing anggora