Cara Merawat Kelinci Anggora bagi Pemula

Cara Merawat Kelinci Anggora bagi Pemula – Pada dasarnya Kelinci Anggora memiliki bulu-bulu yang sangat berkualitas dan bahkan ada yang mengatakan bulu Kelinci Anggora sangat istimewa. Bulunya berwarna putih berkilau, lembut dan tujuh kali lebih hangat dibandingkan dengan wol yang terbuat dari bulu domba. Bulutersebut memiliki struktur sel yang akan memberikan kehangatan untuk Kelinci Anggora itu sendiri. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang kemudian memanfaatkan bulu Kelinci Anggora untuk dijadikan sebagai bahan pakaian.

Jadi,Kelinci Anggora adalah salah satu hewan yang bisa memproduksi wol atau bulu yang bisa dijadikan sebagai benang.bulu-bulu dari kelinci tersebut bisa diambil dengan menggunakan sisir atau dipotong. Proses pengambilan bulu tersebut tidak membahayakan bagi si kelinci karena justru akan menjaganya dalam kondisi baik dan terawat.


Merawat Kelinci Anggora untuk pemula


Bagi Anda yang tertarik untuk merawat kelinci jenis ini, atau bagi Anda yang sudah membeli kelinci ini dan ingin tahu bagaimana cara merawatnya, berikut adalah beberapa tips yang bisa anda jadikan sebagai panduan.


Pembuatan kandang


Seperti kebanyakan hewan lainnya, kelinci jenis ini juga bisa dibuatkan kandang dengan menggunakan kawat. Dandisebutkan bahwa, kandang yang terbuat dari kawat adalah yang terbaik untuk Kelinci Anggora. Kandangtersebut akan membuat ia bebas dari basah dan kotor serta memiliki ventilasi yang cukup.

Kandang yang terbuat dari kawat tersebut bisa menggunakan kawat berukuran 2 X 1 inci dan lantainya bisa dibuat juga dari kawat berukuran 1/2 X 1 inchi. Ukurankandang yang ideal berkisar antara 30 X 30 inchi.

Apabila anda meletakkannya di luar ruangan, Sebaiknya anda memberikan atap untuk kandang tersebut terutama agar terlindung dari hujan dan lain-lain.

Apakah kelinci merasa kedinginan saat berada di luar? Jenis anggora sangat kuat terhadap cuaca dingin, Itulah sebabnya mengapa mereka memiliki bulu yang tebal dan sangat hangat.Bulu-bulu tersebut akan melindungi mereka dari cuaca yang dingin sekalipun. Namun apabila cuaca sedikit ekstrim atau sangat dingin,tidak ada salahnya apabila Anda membantu menghangatkan kelinci yang anda miliki dengan sepotong kain yang hangat.


Musim panas


Mungkin anda juga bertanya-tanya,“lalu bagaimana dengan cuaca panas seperti yang ada di Indonesia?” Apakah iklim tersebut cocok untuk Kelinci Anggora? Cuaca panas seperti yang ada di Indonesia sebenarnya tidak masalah untuk Kelinci Anggora. Akantetapi, dengan membuatkan ventilasi yang baik akan membantu menjaga udara tetap nyaman dan lingkungannya tetap terjaga. Dengandemikian,kelinci akan tetap sehat.

Apabila cuaca sangat panas,Anda bisa menempatkan beberapa botol air yang dibekukan untuk membantu mendinginkan kandang kelinci yang anda miliki. Atau, Anda juga bisa menempatkan kandang tersebut di tempat yang teduh.


Makanan Kelinci Anggora


Untuk makanannya,Kelinci Anggora bisa diberikan pelet setiap hari antara 4 hingga 8 ons. Anda harus menyesuaikan dengan berat badan yang mereka miliki. Apabila Anda ingin merawat agar kelinci tersebut tetap memiliki bulu-bulu yang bagus, Tidak ada salahnya juga menambahkan jerami atau rumput sebagai makanan di dalam kandang mereka.

Selain itu, kelinci ini juga menyukai biji bunga matahari, 1 sendok biji bunga matahari bisa menjadi suplemen harian yang sangat baik untuk pencernaan kelinci.Jangan lupa untuk selalu menyediakan air bersih dan segar setiap waktu.


Bulu kelinci


Tidak peduli Apakah anda ingin memanfaatkan bulu-bulu dari kelinci yang anda miliki atau tidak,bulu-bulu tersebut harus secara rutin disikat dari tubuhnya. Metodeini akan membantu menjaga kelinci agar tetap sehat. Anda membutuhkan peralatan khusus untuk membersihkan bulu-bulu tersebut, atau Anda juga bisa menggunakan sikat hewan. Jikaanda kesulitan untuk menemukan sikat khusus yang terbuat dari logam, Anda bisa mencari sikat untuk bulu anjing juga bisa digunakan. Jenis sisir atau sikat ini terbuat dari logam atau baja dan bergigi jarang serta memiliki ujung yang berbentuk bola bola. Ujungnyayang lembut dan tidak tajam tersebut akan melindungi kulit kelinci tetap aman saat disisir. Dan jangan lupa menyediakan gunting untuk memotong beberapa bagian dari bulu-bulu tersebut sewaktu-waktu.


Merawat kelinci


Saat Anda merawat kelinci, dianjurkan setidaknya melakukan pembersihan sekali seminggu agar Ia tetap dalam kondisi yang baik. Namun,tidak ada salahnya juga apabila anda sering melakukannya, misalnya, seminggu dua kali atau seminggu tiga kali. Selainuntuk menjaga kebersihan kelinci dan kandangnya, perawatan juga akan membuat anda lebih dekat dengan kelinci tersebut.

Untuk merawat kelinci, sebaiknya Anda meletakkannya di pangkuan Anda atau diatas meja. Jangan lupa untuk memperhatikan bagian-bagian seperti pada pangkal ekor atau belakang telinga serta bagian-bagian yang sulit untuk dijangkau. Tidak hanya badannya, Anda juga harus menyikat bulu-bulu kelinci yang terdapat pada kaki-kakinya serta perutnya.


Mengatasi bulu yang kusut


Terkadang bulu kelinci juga bisa menjadi sangat kusut,terlebih jika ia aktif. Untukmenangani bulu yang kusut, cobalah untuk menyikatnya dengan lembut dengan menyisirnya kearah luar. Akan tetapi jika metode tersebut tidak berhasil dan kekusutan yang terdapat di bulu kelinci sangat sulit diurai, Anda bisa melakukan sedikit pemotongan (manfaatkan gunting).


Memanen bulu kelinci


Mungkin anda juga bertanya-tanya “seberapa seringkah kita harus memanen bulu Kelinci Anggora?” Sebenarnya memanen bulu kelinci tidak bisa dilakukan terlalu sering. Untukmemanen bulu kelinci, bisa dilakukan dua atau tiga bulan sekali. Anda bisa mencukur bulu-bulu kelinci tersebut dan berhati-hatilah pada saat mencukur di bagian ekor. Namunjika Anda masih bingung kapan waktu yang tepat untuk melakukan hal tersebut, biasanya terdapat beberapa ciri-ciri atau tanda-tanda yang bisa Anda lihat mulai dari, apabila anda sering menemukan bulu-bulu yang lepas dari kelinci tersebut atau tertinggal di kandang, atau pada saat Anda menyentuhnya,bulu-bulu tersebut menempel di tangan anda, maka itulah waktu yang tepat untuk memanennya.


Cara meringankan bulu kelinci


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa Apabila Anda ingin menjaga agar kelinci tetap sehat dan memiliki bulu yang baik, Anda harus secara rutin menyikat atau menyisir bulu tersebut.Gunakanlah sikat yang ujungnya memiliki bola-bola. Iniakan membantu meringankan bulu kelinci itu tersebut. Caranyacukup mudah, Anda cukup melakukan penyisiran seperti menyisir rambut kearah luar. Setelah bulu-bulu terkumpul disisir, Anda bisa memisahkannya dan meletakkannya di tempat khusus. Jangan lupa untuk mengelus elus bagian bulu yang anda sisir agar kelinci tidak merasa stres.


Jika kelinci stres


Pada saat Anda menyisir bulu-bulu kelinci, atau jika anda merasa kelinci Anda berubah menjadi stres setelah anda menyisirnya, cobalah untuk memberikan aspirin dengan dosis setengah dari dosis yang diberikan kepada bayi, setidaknya 30 menit sebelum melakukan perawatan.


Cara menyimpan bulu


Menyimpan bulu hasil dari penyisiran yang anda lakukan terhadap kelinci sebenarnya tidak ada yang khusus. Anda bisa membuat tempat sendiri menggunakan plastik atau Anda juga bisa menggunakan kotak sepatu atau tempat-tempat yang lainnya yang sekiranya aman dan tidak mudah diterbangkan angin.


Kuku kelinci


Selain bulunya, Anda juga harus memberikan perhatian terhadap kuku kelinci. Kukukelinci setidaknya harus dipotong setiap satu bulan sekali. Anda bisa menggunakan gunting kuku untuk anjing yang juga cocok digunakan untuk kuku kelinci.

Lakukan pemotongan dengan hati-hati agar anda tidak melukainya.


Wol block


Istilah ini untuk menjelaskan bahwa terdapat penyumbatan di saluran pencernaan kelinci akibat bulu-bulu yang tertelan. Biasanya, kelinci tidak bisa mengeluarkan sendiri bulu-bulu tersebut dari saluran pencernaannya bersama tinja. Apabila terlalu banyak, bulu-bulu yang ada di dalam saluran pencernaan Kelinci akan membuat kelinci tersebut merasa kenyang dan enggan untuk makan. Apabiladibiarkan hal tersebut bisa berakibat fatal.


Gejala wol block


Apabila Anda menemukan kelinci Anda buang air kecil atau BAB dalam jumlah yang tidak terlalu banyak hal tersebut mungkin menandakan bahwa terdapat banyak bulu di dalam saluran pencernaan mereka, dan tidak hanya itu,apabila Anda menemukan kelinci anda makan atau minum terlalu sedikit, tidak seperti biasanya, hal tersebut patut untuk diwaspadai.


Cara mengobati wol block


Untuk pencegahan, Anda harus rajin mencukur dan mencabuti bulu kelinci.Selanjutnya,apabila Anda menemukan gejala-gejala terdapat wol block pada kelinci Anda, Anda harus mengganti makanan kelinci tersebut dengan jerami atau rumput. Janganmenggunakan makanan seperti pelet karena dapat menambah penyumbatan. Sediakanair dalam jumlah yang cukup.

Anda juga bisa menggunakan pil enzim papaya karena bisa membantu mengurai wol block yang menyebabkan penyumbatan di saluran pencernaan. Pil enzim pepaya biasanya bisa ditemukan di apotik.


Yang harus diperhatikan saat merawat Kelinci Anggora


  • Pastikan bahwa anda merawatnya dengan konsisten serta mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh kelinci tersebut.
  • Jauhkan kelinci anda dari kebun dan, terutama kebun tomat.
  • Jika anak-anak bermain dengan kelinci pastikan tetap dalam pengawasan anda.

Kelinci biasanya membutuhkan sesuatu untuk digerogoti. Iniadalah salah satu cara mencegah agar gigi kelinci tidak tumbuh terlalu panjang. Anda bisa memberikan balok kayu keras yang bisa dikunyah seperti plywood.

Add Comments

Disqus Comments