Cara Merawat Hamster bagi Pemula

Cara Merawat Hamster bagi Pemula – Hamster adalah salah satu binatang lucu dan menyenangkan dan cocok untuk binatang peliharaan. Jikaanda tertarik untuk memelihara binatang yang satu ini, dan jika Anda belum memiliki pengalaman dan belum memiliki pengetahuan mengenai hamster, berikut adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk merawat hamster terutama bagi pemula.


Transisi ke lingkungan baru


Seperti manusia, hewan yang lucu ini juga membutuhkan transisi apabila Ia berpindah rumah.Biasanya, pada saat baru dibawa ke lingkungan yang perbedaan, hamster akan mengalami sedikit stres. Terutamaapabila lingkungan tersebut masih asing baginya. Selainlingkungan baru, suara dan bau-bauan yang ada disekitarnya juga bisa membuat hamster menjadi stres. 


Transisi


Agar transisi bisa berhasil dan bebas stres, beberapa langkah berikut ini mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi.

  • Pertama, Anda harus membuat kandang hamster dan melengkapinya dengan asesoris serta makanan yang tepat sebelum Anda bawa pulang.
  • Setelah itu, gunakanlah jenis makanan yang sama, selimut yang sama, dan juga kandang yang sama serta pantas untuk hamster jika anda membelinya dari toko hewan. Untuktempat tidurnya, sebaiknya anda menggunakan produk-produk berbahan kertas dan hindarilah penggunaan hasil serutan pohon pinus atau kayu.
  • Pada satu atau dua hari pertama, gunakanlah kain untuk menutupi kandang hamster tersebut. Hal ini berfungsi untuk membuatnya bebas dari gangguan dan untuk menyesuaikan dirinya dengan lingkungan baru.
  • Kemudian Jangan terburu-buru menyentuh dan memegang hamster anda. Namunmulailah dengan menyediakan makanan dan minuman segar setiap hari, mulailah dengan memberinya waktu untuk menyesuaikan diri.
  • Cegahlah teman-teman atau tamu apabila mereka ingin menyentuh dan memegang hamster selama periode transisi tersebut.

Kandang hamster


Kandang atau tempat tinggal hamster adalah salah satu bagian yang perlu Anda berikan perhatian khusus. Mengapademikian?Karena disinilah hamster akan tinggal setiap hari. Anda setidaknya harus memberikan kandang yang terbaik dan pantas untuknya agar ia terhindar dari stres, gangguan kesehatan, dan masalah lainnya.

Beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan saat memilih kandang hamster antara lain, perhatikan jenis spesies hamster yang anda miliki kemudian disesuaikan dengan bentuk kandang itu sendiri, perhatikan juga faktor keselamatan, kemudahan pemeliharaan, anggaran yang anda miliki,dan juga ukurannya.

Beberapa aturan dan anjuran dalam memilih kandangan antara lain, pastikan bahwa kandang tersebut tidak dapat menimbulkan luka serius terhadap hewan yang anda miliki.Dan di alam liar, biasanya hamster memiliki ruang-ruang terpisah seperti tempat tidur, tempat makan yang terpisah, tempat bermain yang terpisah, dan lain-lain. Oleh sebab itu, Anda juga bisa melakukan dan menerapkan hal yang sama untuk kandang mereka.


Tempat yang tepat


Setelah anda menemukan kandang yang tepat untuk hamster Anda, saatnya membawa kandang tersebut dan menempatkannya di tempat yang tepat.

Diantara beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan antara lain:Tempatkan kandang tersebut di ruangan yang memiliki suhu ideal berkisar antara 65 hingga 75 derajat Fahrenheit.

Seperti yang kita tahu bahwa di Indonesia, cuaca biasanya sangat panas, oleh sebab itu, kandang hamster harus dijauhkan dari sumber panas seperti matahari langsung, tidak terlalu dekat dengan perapian atau kompor dan sumber-sumber panas yang lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu menghindarkan hamster dari cuaca dingin yang ekstrim.

Pertimbangan lain yang mungkin harus anda perhatikan antara lain, biasanya hamster juga sangat aktif terutama di malam hari. Anda bisa menempatkan lampu di kandang mereka, dan mungkin,jika lampu tersebut mengganggu tidur anda, sebaiknya tempatkan hamster di luar kamar anda.

Usahakan tidak menempatkan kandang hamster di dapur atau di tempat yang kotor.Terutama di tempat-tempat yang seharusnya tetap steril dan bebas dari kotoran. Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan tentu saja salah satunya adalah, faktor kesehatan.Karena makanan dan lain-lain bisa terkontaminasi apabila anda meletakkan kandang hamster di dapur.

Kemudian Anda juga harus memastikan bahwa kandang hamster cukup aman untuk melindunginya dari hewan peliharaan yang lain yang mungkin saja akan memangsanya.

Jika anda memiliki anak kecil, usahakan untuk menempatkan kandang hamster di tempat yang aman, dan pastikan anda bisa mengawasi hamster tersebut pada saat anak-anak bermain.


Jenis kandang hamster


Kandang hamster memiliki beberapa jenis diantaranya adalah, kandang dengan menggunakan kawat, kandang berbentuk aquarium, kandang terbuat dari aquarium serta kawat, dan juga terdapat kandang yang terbuat dari plastik.

Saat ini, kandang kawat merupakan salah satu yang paling populer dan banyak kita temukan. Biasanyakandang tersebut juga dilapisi dengan alasberbahan plastik yang mudah dilepas dan bisa dibersihkan dengan mudah.Kandang jenis inijuga biasanya sudah memiliki bilik-bilik tertentu yang akan memudahkan hamster untuk bereksplorasi.


Yang perlu diperhatikan pada kandang hamster


Beberapa hal yang perlu anda perhatikan terutama di kandang hamster antara lain, jangan sering menebar makanan di kandang hamster karena dapat membuat kandang menjadi kotor dan berbau. Selain itu, makanan yang lembab akan mudah mengundang bakteri serta penyakit. Jadi, pastikan anda memiliki wadah khusus untuk menempatkan makanan makanan tersebut.

Dan yang tidak boleh Anda lupakan adalah, selalulah menjaga kebersihan kandang hamster anda dengan mengganti pasir atau serutan kayu yang menjadi alasnya setidaknya dalam satu minggu.


Makanan hamster


Makanan yang Anda berikan kepada binatang peliharaan Anda juga harus selalu diperhatikan. Apabilamakanan tersebut terlalu berlemak, hal tersebut juga tidak baik dan dapat menyebabkan hamster kelebihan berat badan. Sepertihalnya manusia, kelebihan berat badan pada hamster dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan seperti masalah jantung.

Beberapa makanan yang bisa anda berikan kepada hamster antara lain:

  • Kembang kol
  • sepotong apel atau Anda juga bisa memberikan sedikit
  • Biji bunga matahari.Namun tidak boleh terlalu sering karena mudah membuat senter menjadi gemuk..

Beberapa makanan lain yang juga disukai oleh hamster diantaranya adalah,

  • Kacang hijau, serta
  • Beras merah

kombinasikanlah makanan-makanan tersebut setiap hari agar hamster tetap terjaga kesehatannya.


Botol air


Selain kandang dan makanan hamster, yang harus menjadi perhatian khusus adalah botol air minum yang Anda gunakan di kandang hamster. Kitamemilih botol bukan tanpa alasan, melainkan demi menjaga agar air tidak mudah tumpah dan menyebabkan kandang menjadi basah, lembab, dan berbau.

Hamster sangat menyukai tempat yang bersih, tidur ditempat yang kering, dan mereka juga harus dihindarkan dari berbagai penyakit yang bisa datang apabila kandangnya kotor dan lembab.

Diantara beberapa pilihan botol yang bisa anda gunakan antara lain, Anda bisa menggunakan botol berbahan plastik atau yang lebih baik anda bisa menggunakan botol berbahan kaca dan biasanya ada di toko-toko hewan.

Pastikan anda menempatkan botol minuman tersebut di sisi kandang dengan posisi tergantung serta mudah untuk dijangkau.

Untuk perawatan dan pemeliharaan, sangat dianjurkan mengganti air setiap hari serta mencuci botol tersebut secara menyeluruh seminggu sekali.

Add Comments

Disqus Comments