Cara Menjaga Kesuburan Agar Cepat Hamil

Cara Menjaga Kesuburan Agar Cepat Hamil – Memiliki anak setelah menikah pasti merupakan hal yang sangat diinginkan oleh setiap pasangan suami istri. Ada yang langsung dapat hamil setelah baru beberapa minggu atau beberapa bulan menikah, tapi ada juga yang harus menunggu beberapa tahun.

Kesuburan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi cepat atau tidaknya seorang wanita dapat hamil. Wanita yang memiliki tingkat kesuburan yang sedikit terganggu akan membuat kondisi kehamilan lebih sulit terjadi.

Tingkat kesuburan seorang wanita memiliki rentang waktu tersendiri. Kesuburan ini akan mulai menghilang setelah wanita menginjak menopause. Jadi jika anda berniat untuk menunda-nunda kehamilan maka sebaiknya anda tetap menjaga kesuburan.

Lalu apa saja yang harus wanita lakukan agar kesuburannya tetap terjaga? Berikut ini tips cara menjaga kesuburan agar cepat hamil:

  • Hindari stres

Stres dapat mempengaruhi kondisi kesuburan. Ketika sedang stres maka hormon reproduksi akan terganggu sehingga mempengaruhi otak dalam mengendalikan kerja ovarium.

  • Menjaga pola makan

Hindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food. Makanan ini mengandung pengawet dan kadar lemak tinggi sehingga tidak baik untuk kesuburan anda. Konsumsi jenis makanan yang baik untuk kesuburan anda. Seperti jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh, contohnya: alpukat dan minyak zaitun, karena dapat mengatasi masalah menstruasi dan menambah tingkat kesuburan. Mengkonsumsi makanan yang mampu melancarkan peredaran darah juga sangat penting bagi kesuburan anda.

  • Memeriksa kondisi tubuh secara berkala

Memastikan kondisi kesehatan tubuh dan reproduksi sangatlah penting, sehingga anda dapat segera mengetahui jika tubuh atau alat reproduksi anda terserang suatu penyakit.

  • Jauhkan diri dari rokok dan asap rokok

Menghisap asap rokok baik aktif maupun pasif dapat mencemari sel telur. Asap rokok akan membuat aliran darah tidak lancar, termasuk aliran darah yang menuju ovarium. Sehingga persediaan sel telur dalam ovarium akan cepat berkurang.

  • Menjaga berat badan agar ideal

Berat badan yang kurang ataupun berlebihan dapat mengurangi tingkat kesuburan. Selain itu wanita yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) bisa beresiko menderita sindrom ovarian polikistik yang dapat menyebabkan kemandulan.

  • Menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim

Menjaga kesehatan organ intim dapat mengurangi resiko terserang penyakit yang berhubungan dengan reproduksi. Kurangilah pemakaian sabun pembersih pada organ intim anda agar jumlah bakteri baik yang terdapat pada area tersebut tetap seimbang.

Pada dasarnya bukan hanya kesuburan wanita saja yang mempengaruhi kehamilan. Tapi kesuburan pria juga sangat mempengaruhi. Oleh karena itu sebaiknya anda dan pasangan sama-sama menjaga kesuburan sehingga kemungkinan untuk memiliki momongan akan lebih besar. Jika anda ingin segera punya anak tapi belum juga hamil maka jangan pernah putus asa. Tetap berdoa, terus berusaha  dan jagalah kesehatan anda.

Add Comments

Disqus Comments