Cara Mengobati Biang Keringat Pada Bayi

Cara Mengobati Biang Keringat Pada Bayi – Anda pasti tidak asing dengan kalimat “selembutkulit bayi”. Kalimat ini memang tidak salah, kulit bayi memang halus dan kenyal, sehingga sangat nyaman untuk disentuh. Namun, kulit bayi juga sangat sensitif pada hal-hal tertentu, dan dapat mengganggu kesehatan kulitnya.

Gangguan yang paling sering terjadi pada kulit bayi adalah biang keringat. Biang keringat ini biasanya membuat bayi merasa tidak nyaman dan menjadi sedikit rewel.

Berikut adalah beberapa cara mengobati biang keringat pada bayi yang bisa anda coba praktekkan sendiri :


Gunakan Minyak Telon


Minyak telon yang dianjurkan adalah minyak telon yang memiliki kandungan minyak kelapa diatas 60%. Hal ini dianjurkan supaya bayi anda tidak merasa kepanasan dan semakin berkeringat. Caranya adalah cukup oleskan minyak telon tersebut pada kulit yang sedang terkena biang keringat.


Jaga Kebersihan Bayi Anda


Jaga kebersihannya denganmemandikannya secara teratur, sebanyak dua kali sehari. Jangan mandikan bayi anda pada saat matahari sudah terik, hal tersebut hanya akan membuatnya gerah kembali setelah mandi. Hal ini cukup efektif sebagai salah satu cara mengobati biang keringat pada bayi.


Gunakan Madu


Madu bisa melembabkan kulit secara alami. Caranya hanya dengan mengoleskan madu pada kulit yang sedang mengalami biang keringat. Jika anda ingin hasilnya lebih maksimal, anda bisa mencampur madu dengan minyak jojoba dan langsung dioleskan. Tunggu hingga sekitar lima belas menit dan bersihkan. Cara mengobati biang keringat pada bayi ini akan semakin efektif jika anda melakukannya secara teratur.


Lidah Buaya


Selain madu, anda juga bisa memanfaatkan lidah buaya. Cukup ambil gel lidah buaya dan oleskan oada kulit yang sedang mengalami biang keringat. Lidah buaya juga memberikan efek dingin ketika dioleskan, sehingga bayi andaakan merasa nyaman.


Hindari Pakaian yang Ketat


Biang keringat akan semakin parah jika bergesekan langsung dengan baju, apalagi jika suhu udara menjadi lembab. Jadi hindarilah memakaikan pakaian yang ketat pada bayi anda, dan pilihlah bahan yang adem dan menyerap keringat. Keringat membuat bayi anda tidak nyaman, dan membuat biang keringatnya menjadi perih, sehingga membuat bayi menjadi rewel.


Gunakan Ketumbar


Campurkan bubuk cendana dan bubuk ketumbar sebanyak satu sendok masing-masing. Tambahkan juga air mawar secukupnya, dan aduk hingga menjadi sedikit mengental. Setelah itu, tinggal oleskan campuran tersebut pada kulit bayi yang membutuhkan. Gunakan campuran ini secara teratur.


Jaga Kebersihan Kuku Bayi


Jika bayi merasa gatal, maka bayi secara otomatis akanmenggaruknya. Jika kukunya panjang-panjang, makaakan semakin memperparah biang keringat. Potonglah kuku bayi secara teratur atau pakaikan kaos tangan pada bayi.

Itulah beberapa cara mengobati biang keringat pada bayi yang bisa anda lakukan sendiri. Selamat mencoba.

Add Comments

Disqus Comments