Cara Menghitung Berat Badan Bayi Ideal

Cara Menghitung Berat Badan Bayi Ideal – Bukan hanya kesehatan yang harus diperhatikan pada tumbuh kembang anak. Berat badan bayi ideal juga perlu diperhatikan. Hal ini bukan hanya untuk menyamakan fisik anak menurut umurnya, tetapi juga memperhatikan setiap tumbuh kembang anak.

Pada jaman sekarang ini, banyak anak dianggap lucu jika memiliki tubuh yang gendut dan gempal. Sekilas memang terlihat lucu dan menggemaskan, namun jika pertumbuhannya melebihi batas normal atau sering disebut obesitas, akan memberikan efek yang tidak baik. Dan bisa menjadi tempat beberapa penyakit bersarang. Maka dari itu, berat badan bayi ideal sangat penting untuk diperhatikan.

Untuk mengetahui berat badan bayi ideal, berikut adalah tabel yang bisa anda jadikan acuan antara berat dan tinggi ideal tubuh bayi anda :

Gambar tabel Berat Badan Bayi Ideal

Dengan tabel tersebut, anda seharusnya sudah bisa tahu berapa berat ideal bayi anda. Jarak normal yang terjadi pada berat dan tinggi ideal pada bayi anda adalah boleh lebih 2 cm atau kurang 2 cm. Misalnya pada bayi berusia 12 bulan, bayi anda memiliki tinggi 73 dan berat 7.8, maka bayi anda masih dalam tahap wajar.

Berat badan bayi juga dipengaruhi dengan berat tubuhnya ketika dilahirkan. Jika pada saat dilahirkan bayi memiliki berat 3 kg, maka biasanya bayi ini akan memiliki berat badan berbeda dengan bayi yang memiliki berat badan 2.5 kg saat dilahirkan pada usia yang sama. Namun, yang menjadi fokus utama bukanlah berapa berat bayi ketika dilahirkan, tetapi berapa penambahan berat bayi setiap bulannya.

Selain itu, berat badan bayi ideal juga dipengaruhi oleh hal lainnya yaitu kesehatan sang ibu, keturunan dari orang tua dan juga nutrisi yang di dapat dari mulai dalam kandungan, dan disaat bayi menerima ASI dari sang ibu.

WHO (World Health Organization) juga memberikan rumus untuk menghitung berat badan bayi ideal, yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk anak pada usia di bawah 12 bulan

Berat badan ideal = (n : 2) + 4 atau (umur (bulan) : 2) + 4

  1. Untuk anak pada usia 1 – 10 tahun

Berat badan ideal  = ( 2 x n )+ 8 atau ( 2 x umur (tahun) ) + 8


Contoh perhitungannya adalah :


Pada anak usia 2 tahun lebih 10 bulan, maka:

Ditulis dengan n = 2,10 lalu di kali dengan 2 (seperti rumus 2n) lalu hasilnya adalah 4,20.

Hasilnya jangan langsung ditambah dengan 8 karena 4,20 berarti 4 tahun 20 bulan, anda harus teliti bahwa 20 bulan adalah 1 tahun 8 bulan. Jadi 4 + 1,8 = 5,8.

Lalu tinggal 5,8 dengan 8. Maka berat idealnya adalah 13,8.

Itulah adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai berat badan bayi ideal.Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda dan anak anda.

Add Comments

Disqus Comments