Cara Mengatasi Bibir Kering yang Pecah Pecah, Hitam, dan Mengelupas Secara Alami

Cara Mengatasi Bibir Kering – Seperti halnya wajah dan tubuh, bibir juga merupakan bagian yang memiliki daya tarik. Bibir yang sehat, indah, lembut dan merah merekah telah menjadi idaman terutama bagi setiap wanita. Bila memiliki bibir yang indah tentu akan sangat mendukung penampilan dan membuat penampilan terlihat semakin cantik dan bugar.

Namun begitu, kulit bibir adalah lapisan yang tipis dan merupakan kulit yang tidak berkelenjar minyak seperti kulit tubuh yang lain karenanya bibir lebih mudah terkena kekeringan, pecah-pecah, bahkan sampai mengelupas dan berdarah.

Selain mengganggu penampilan juga membuat merasa kesakitan karena perih terlebih ketika mengonsumsi makanan pedas, asam atau bahkan saat sekedar tersenyum. Karena banyaknya masalah pada kulit bibir, berikut adalah beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi bibir kering yang pecah, hitam, dan mengelupas secara alami untuk anda.

Bibir kering tidak semata-mata terjadi begitu saja, tentulah ada penyebab yang mendasari keringnya kulit bibir anda. Berikut ini merupakan faktor yang memengaruhi masalah pada bibir yaitu bibir pecah-pecah, bibir hitam dan bibir yang mengelupas.


Faktor penyebab terjadinya bibir pecah


Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa bibir memiliki lapisan kulit tipis dan tak berkelenjar minyak seperti kulit tubuh yang lain. Bibir yang mengalami kekeringan bisa menyebabkan bibir pecah. Hal ini dialami dialami lebih parah pada bibir bawah ketimbang bibir atas pada umumnya.

Beberapa faktor yang dapat membuat bibir pecah-pecah sebagai berikut :

  • Dehidrasi

Saat tubuh kekurangan cairan, kondisi kulit yang kehilangan kelembaban alami akan mengering termasuk pada bibir. Maka dari itu saat anda harus berpuasa, tetap perhatikan asupan air yang masuk sehingga tubuh tidak terkena dehidrasi.

  • Kebiasaan menjilat bibir

Kebiasaan ini tanpa disadari dapat menyebabkan bibir mengering dan pecah-pecah. Ini karena pada air liur terkandung zat asam yang dapat mengurangi kelembaban pada kulit bibir.

  • Cuaca

Kelembaban udara yang kurang dan paparan sinar matahari atau bahkan udara yang terlalu dingin, tak dipungkiri membuat bibir menjadi kering.

  • Obat-obatan

Obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi, lithium dan retinoid bisa membuat bibir kering dan pecah.

  • Pola diet yang salah

Kebanyakan dari wanita mengidamkan tubuh yang langsing dan idea, berbagai cara pun dilakukan agar berat tubuh bisa turun. Mulai dari sedot lemak, mengikuti senam aerobik dan sebagainya, menggunakan obat-obatan hingga diet makanan. Bagi mereka yang awam pasti berfikir bahwa agar berat tubuh berkurang harus mengurangi porsi makan. Mereka melakukannya dan tidak memerhatikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan ini merupakan cara yang salah.

Asupan nutrisi yang tidak terpenuhi bisa menimbulkan masalah baru pada tubuh, tubuh rentan terkena penyakit dan kecantikan kulit berkurang termasuk bibir. Bibir bisa menjadi kering keriput  dan pecah-pecah. Ini karena kebutuhan vitamin tertentu yang berperan penting untuk kesehatan kulit seperti vitamin A, vitamin B, vitamin c, vitamin B2 dan vitamin E.

  • Penyakit tertentu

Beberapa penyakit seperti dibawah ini bisa ditandai dengan masalah pada bibir, seperti bibir kering dan pecah yang serius disertai rasa perih dan tidak kunjung sembuh. Berikut diantaranya :

  • Penyakit seks menular seperti HIV dan sebagainya.
  • Sindrom Sjogren, sindrom ini mungkin masih asing ditelinga masyarakat umum. Sindrom ini adalah penyakit yang merusak saluran air mata juga kelenjar yang serupa sehingga menyebabkan bibir pecah yang kronis.
  • Penyakit Kawasaki, meski penyakit ini jarang terjadi anda perlu memerhatikan bila bibir anda kering yang melebihi normalnya.
  • Diabetes
  • Macrocytosis adalah keadaan dimana ukuran sel darah merah meningkat sampai level berbahaya.

Faktor penyebab terjadinya bibir hitam


Bibir yang hitam sungguh kurang menarik dipandang. Selain bibir yang memang sudah hitam, bibir yang sebelumnya sehat, kenyal, dan merona pink bisa juga menghitam. Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan bibir menghitam? Berikut beberapa diantaranya :

  • Bahan kimia lipstik yang tidak cocok

Demi untuk menunjang penampilan dan membuat bibir terlihat lebih indah, kebanyakan wanita akan memoleskan lipstik pada bibir mereka. Namun tahukah anda bahwa perlu kehati-hatian dalam memilih lipstik. Karena bahan kimia yang terkandung  pada lipstik yang tidak cocok untuk bibir anda lama kelamaan malah akan membuat bibir menghitam.

  • Hormon estrogen

Hormon ini berfungsi meregenerasi kulit pada tubuh anda termasuk kulit bibir. Kurangnya hormon esterogen yang dikarenakan usia yang menua, sehingga produksi hormon ini  berkurang. Atau hal-hal lain yang menyebabkan berkurangnya hormon penting ini pada tubuh menyebabkan bibir menjadi keriput dan menghitam.

  • Alergi obat kumur atau pasta gigi, dan terlalu lama terkena paparan sinar matahari

Obat kumur yang mengandung bahan tertentu seperti ekaliptus, mentol dan sejenisnya bisa mengiritasi bibir selain bibir menjadi lebih kering dan kehitaman. Sedangkan paparan sinar matahari mengandung sinar UVA dan UVB yang dapat membuat kulit tubuh termasuk bibir menjadi keriput, kusam dan tentunya menghitam

  • Minum kopi yang berlebihan

Minum kopi yang berlebihan bisa membuat bibir menghitam dan gigi menjadi kuning. Kandungan kafein pada kopi menurunkan kelembaban bibir anda. Bagi anda pecinta kopi, batasilah meminum kopi paling banyak 2 kali setiap hari.

  • Anemia

Anemia atau kekurangan darah bisa menyebabkan warna bibir membiru bahkan sampai menghitam. Bila warna bibir yang menghitam disebabkan karena anemia mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan tablet penambah darah bisa jadi pilihan.

  • Kebiasaan merokok

Nikotin yang terkandung pada rokok meningkatkan pigmen melanin pada bibir, anda bisa melihat kebanyakan orang yang merokok memiliki bibir yang cenderung hitam meskipun dulunya tidak. Jadi sebaiknya, hilangkanlah kebiasaan buruk anda ini, agar bibir tetap sehat.

  • Gangguan kesehatan

Bibir dan kuku yang menghitam bisa menjadi indikasi anda mengidap penyakit paru-paru atau jantung.

  • Kekurangan zat besi

Vitamin maupun keadaan hormonal pada tubuh bisa juga menjadi faktor mengapa warna bibir anda kehitaman.

  • Keturunan

Anak yang lahir dari orang tua yang memiliki bibir berwarna hitam, berpeluang lebih besar untuk memiliki warna bibir yang hitam sejak dilahirkan.

  • Konsumsi alkohol

Selain berbahaya untuk organ hati, mengonsumsi alkohol secara berlebihan juga bisa membuat warna bibir menghitam.


Faktor penyebab terjadinya bibir mengelupas


Bibir yang pecah-pecah dan mengelupas biasanya saling berkaitan, baik dari faktor penyebab maupun cara penyembuhannya. Kondisi bibir yang mengelupas akan semakin parah bila mengalami dermatitis kontak akibat polusi dan debu dari luar. Dermatitis kontak adalah keadaan dimana bibir mengalami peradangan karena masuknya benda asing kedalam kulit bibir, sehingga membuat keadaan bibir yang kering semakin parah. Penyebab bibir mengelupas kebanyakan sama dengan penyebab bibir pecah-pecah, apa sajakah faktor itu? Berikut beberapa diantaranya :

  • Iritasi

Iritasi dapat terjadi karena kulit bibir tidak dapat menerima bahan kimia yang tidak cocok untuk kulit, misalnya yaitu bahan kimia yang terkandung pada lipstik. Kulit bibir yang iritasi bisa semakin mengelupas juga pecah-pecah dan menghitam.

  • Vitamin A yang berlebih

Meskipun vitamin sangat baik bagi tubuh, namun semua yang berlebihan itu tidak akan baik, termasuk kelebihan vitamin. Pada bibir, kelebihan vitamin A dapat mengakibatkan bibir anda mengering dan mengelupas.

  • Bernafas melalui mulut dan mendengkur

Tanpa anda sadari, pada kondisi yang pengap mungkin anda sering bernafas melalui mulut. Padahal hal ini tidak baik selain karena udara yang masuk tidak tersaring. Kebiasaan  menghirup udara melalui mulut dan mendengkur atau bernafas melalui mulut saat tertidur akhirnya menyebabkan bibir menjadi kering.

  • Menjilati bibir dan kurang minum

Seperti yang telah dibahas pada faktor penyebab bibir pecah-pecah diatas, kebiasaan menjilati bibir dan juga kurang air minum membuat bibir kering, dan mengelupas. Jadi jika anda terasa kering, anda bisa menggunakan produk lip balm untuk melembabkannya. 

  • Efek samping obat-obatan

Obat-obatan yang anda konsumsi mungkin akan menimbulkan berbagai efek samping, dan salah satunya adalah bibir yang kering hingga mengelupas.

Nah, sekarang anda telah mengetahui apa saja faktor penyebab terjadinya bibir pecah, hitam, dan juga mengelupas. Lantas bagaimana untuk anda yang sudah terlanjur mengalami ketiga masalah bibir kering diatas? Sedih, jangan lagi. Karena berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi masalah bibir tadi. Berikut diantaranya :


Cara mengatasi bibir kering secara alami


Siapa sih yang ingin mempunyai bibir yang kering? Tentu tidak ada. Ini karena bibir yang kering menyebabkan bibir pecah-pecah, mengelupas bahkan menghitam. Si pemilik bibir kering juga terlihat tidak segar dan mengurangi penampilan yang sedap dipandang. Sehingga mengurangi rasa percaya diri anda, terlebih saat tersenyum dan bibir tertarik maka kekeringan pada bibir akan semakin terlihat.

Bagi anda yang sekarang ini memiliki masalah kering pada bibir, silakan simak tips berikut ini :

  • Lidah buaya

Pada prinsipnya cara mengobati bibir yang kering adalah melembabkannya. Selain dikenal sebagai tanaman untuk merawat kecantikan rambut dan kulit tubuh, lidah buaya mampu mengatasi masalah bibir kering dengan cara melembabkan bibir kering, juga mengurangi rasa perih yang ditimbulkan karena bibir kering.

Caranya sangat mudah, kupas lidah buaya secukupnya, kemudian oleskan pada bibir anda. Diamkan sampai mengering kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan rutin setiap hari hingga bibir kembali lembab.

  • Tomat

Tanaman bernama latin solanum lycopersicum ini dikenal sebagai bahan masakan, dan jus tomat juga lezat untuk dikonsumsi. Selain dua kegunaan tadi, tomat sangat baik untuk melembabkan bibir kering. Caranya juga sangat mudah, anda cukup mengoleskan irisan tomat pada bibir 3 kali sehari untuk mengembalikan kelembaban kulit bibir anda.

  • Mentimun

Kandungan pada mentimun dikenal dapat melembabkan kulit termasuk juga kulit bibir yang kering. Selain itu harganya juga terjangkau dan mudah anda dapatkan. Oleskan irisan mentimun sambil dipijat halus agar memaksimalkan peresapan. Gunakan rutin agar bibir senantiasa terhindar dari kekeringan.

  • Jeruk

Konsumsi jeruk setiap hari terbukti membantu memenuhi kebutuhan vitamin C, kebutuhan cairan tubuh, meningkatkan system imun, dan juga mengatasi bibir kering anda.

  • Minyak kelapa

Kandungan asam lemak yang terkandung didalam minyak kelapa dapat melembabkan bibir dan menghindarkan bibir indah anda dari kekeringan. Cukup oleskan saja minyak kelapa setiap menjelang tidur agar hasilnya maksimal. Atau anda dapat juga menggunakan petronoleum jelly, agar lebih mudah dan praktis anda bawa kemana saja.

  • Konsumsi banyak air putih

Seperti yang sudah diketahui bahwa setiap orang harus mengonsumsi air putih sedikitnya 8 gelas sehari. Ini bertujuan untuk melancarkan kerja sel dan organ tubuh. Air putih juga berperan sebagai pelembab alami dari dalam, sehingga bisa melembabkan bibir dan tubuh juga lebih sehat.


Cara mengatasi bibir yang pecah secara alami


Bibir yang kering cenderung menyebabkan bibir menjadi pecah, yang menimbulkan rasa perih saat terkena makanan asam, pedas, ataupun saat tersenyum, tentu saja sangat mengganggu dan bisa memengaruhi mood anda.

Bayangkan saja pada cuaca yang panas keadaan bibir anda pecah-pecah dan perih, pastinya mengundang emosi. Tapi tenang, anda bisa mencoba cara alami dibawah ini untuk mengatasi keluhan bibir pecah anda. Berikut beberapa diantaranya :

  • Madu

Cairan kental dan sangat manis dari hewan lebah ini kaya akan manfaat untuk kecantikan kulit. Selain nikmat untuk dikonsumsi, madu juga dapat melembabkan bibir dan sifat antibakterinya membantu menyembuhkan bibir pecah-pecah. Caranya mudah, oleskan madu pada bibir sambil dipijat dengan halus rutin setiap anda akan tidur.

  • Gula pasir

Cara  gula pasir untuk mengatasi bibir pecah-pecah adalah dengan mengangkat sel kulit mati pada bibir yang kering. Gunakan bersama dengan madu untuk melembutkan bibir.

Campukan gula pasir dengan madu secukupnya, lalu oleskan pada bibir setelah 5 menit gosok dengan perlahan agar kulit mati terkelupas. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah dengan cepat.

  • Lemon

Jeruk yang satu ini mampu membantu pengelupasan kulit mati pada bibir yang pecah. Campurkan madu sebagai tambahan untuk melembabkan kulit bibir yang sudah terkelupas, juga sebagai penyembuh kulit bibir yang pecah. Cara ini mungkin cukup perih tetapi tahanlah demi kecantikan dan kesehatan bibir anda.

  • Tomat

Oleskan potongan tomat pada bibir anda disertai pijatan lembut pada bibir. Kandungan vitamin C yang melimpah pada tomat dapat membantu mengatasi bibir yang kering dengan mengembalikan kelembabannya.

  • Mentega

Mengoleskan mentega secara teratur setiap hari terbukti mampu mengobati bibir yang kering dan pecah-pecah. Ini karena kandungan asam lemaknya. Oleskan setiap kali bibir anda terasa kering.

  • Minyak zaitun

Minyak yang berasal dari buah zaitun ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Minyak zaitun memiliki kemampuan untuk melembabkan dan mengganti sel kulit yang rusak dengan yang baru, sehingga masalah bibir pecah anda akan segera teratasi. Caranya yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun ini setiap malam sebelum tidur pada bibir anda.

  • Scrub bibir

Cara sederhana ini dapat anda lakukan dengan jari saat bibir dalam keadaan basah dan lembab. Cara ini dilakukan setelah mandi, atau setelah anda uapi dengan uap air panas. Gosokkan jari pada bibir untuk membantu mengelupas sel kulit mati, kemudian gunakan pelembab alami yang tanpa bahan pewarna.

  • Minyak jarak

Minyak dari biji buah pohon jarak ini memiliki zat yang mampu melembabkan dan menyembuhkan bibir yang pecah, untuk hasil maksimal, campurkan minyak biji jarak dengan perasan air lemon, kemudian oleskan pada bibir setiap menjelang tidur sampai sembuh.


Cara mengatasi bibir yang hitam menjadi merah natural secara alami


Bibir sehat, merah merona dan indah yang anda idamkan bukanlah hal mustahil. Jangan berkecil hati bila anda mempunyai bibir yang gelap dan berwarna kehitaman setelah mengetahui faktor penyababnya, anda harus menghindari hal-hal tersebut.

Sedangkan untuk pengobatannya, cara mengatasi bibir hitam agar menjadi merah alami dibawah ini patut anda coba :

  • Air hangat

Mengompres bibir dengan air hangat setiap hari dapat melancarkan peredaran darah pada area bibir, sehingga bibir lebih merah.

  • Gosok dengan sikat gigi

Saat anda menggosok gigi, gosoklah pula bibir anda dengan halus dan jangan kasar. Hal simple ini efektif untuk mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada bibir anda, dan tentunya bibir akan menjadi lebih pink alami.

  • Wortel

Kandungan vitamin dan antioksidan pada wortel baik sekali untuk melembutkan bibir yang kering, serta membuat warnanya menjadi lebih cerah. Anda bisa meminum perasan atau jus wortel yang sudah disaring, sedangkan ampasnya jangan dibuang. Melainkan digunakan sebagai masker bibir rutin setiap  hari.

  • Mawar

Kandungan pada mawar telah dikenal sebagai pelembab yang sangat baik untuk kulit, mawar bahkan banyak digunakan dalam produk-produk kecantikan. Bungan mawar selain melembabkan bibir, juga dapat membuat bibir anda merah alami. Caranya, rendam bunga mawar dengan susu, diamkan beberapa jam angkat dan haluskan bunga mawar. Anda bisa mengoleskan pada bibir hitam anda 3 kali sehari secara teratur selama 15 menit.

  • Alpukat

Buah ini selain lezat ternyata juga bisa mengembalikan warna merah pada bibir anda. Haluskan buah alpukat sampai berbentuk krim, kemudian tambahkan minyak zaitun secukupnya. Aduk hingga merata, lalu oles sambil dipijit lembut pada bibir anda. Diamkan beberapa saat sebagai masker kemudian bilas hingga bersih.

  • Almond

Jenis kacang-kacangan ini bisa anda gunakan minyaknya untuk membuat bibir anda menjadi merah merekah. Oleskan minyak almond pada bibir sambil dipijat agar meresap. Lakukan setiap hari maka anda akan mendapatkan bibir yang merah dan lembab setiap hari.

  • Jeruk nipis

Seperti halnya kegunaan jeruk nipis untuk mencerahkan wajah, kanfungan vitamin C yang ada dalam jeruk nipis juga dapat mengembalikan warna merah pada bibir anda secara alami. Caranya oleskan air perasan jeruk nipis, atau anda dapat mengoleskan langsung dari buahnya pada bibir. Diamkan 15 menit kemudian ulangi hari hingga 3 kali setiap hari untuk hasil yang maksimal.

  • Madu

Selain mengobati bibir yang kering, madu yang murni juga ampuh untuk memerahkan bibir indah anda. Anda tinggal mengoleskan madu keseluruh bibir sebelum tidur setiap hari atau saat bibir terasa kering.


Cara mengatasi bibir yang mengelupas secara alami


Keadaan kulit bibir yang kering biasanya dibarengi dengan pengelupasan kulit bibir. Saat ini terjadi, janganlah menggigit atau menarik kulit bibir yang terkelupas. Hal ini karena bisa menyebabkan bibir berdarah dan kulit semakin tipis sehingga mudah iritasi.

Mengatasi bibir yang mengelupas umumnya sama dengan mengobati bibir pecah-pecah, karena kedua hal ini biasanya terjadi secara bersamaan. Keluhan yang ditimbulkan pun sama, yaitu bibir kering, dan kulit bibir pecah dan terkelupas sehingga menimbulkan rasa perih dan tidak nyaman.

Jadi, untuk anda yang mengalami bibir mengelupas bisa menggunakan cara yang sama untuk mengobati bibir pecah-pecah seperti diatas. Sebagai tambahan, hindarilah makan makanan atau minum minuman yang terlalu asam dan asin, karena akan membuat keadaan bibir yang mengelupas semakin parah.

Jadi, kesimpulannya untuk mengatasi bibir kering pecah menghitam dan mengelupas adalah dengan mengembalikan kelembaban bibir yang hilang kembali dengan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya, madu, tomat, minyak kelapa, mentimun, jeruk, lemon, gula pasir, wortel, almond, mawar, alpukat dan jeruk nipis. Juga banyak meminum air putih agar kelembaban dari dalam tetap terjaga.

Anda mungkin selalu mendengar, bahwa tindakan pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati bukan. Berikut adalah saran untuk mencegah terjadinya bibir kering, pecah, hitam, dan mengelupas. Hal-hal kecil dibawah ini mungkin sering luput dari perhatian anda, untuk menjaga bibir anda tetap sehat sebaiknya :

  1. Minum banyak air.
  2. Saat kondisi cuasa kering dan dingin selalu oleskan pelembab yang mengandung bahan minyak almond, beeswax, atau shea butter pada bibir anda.
  3. Hindari sinar matahari yang dapat membakar kulit bibir dengan menggunakan pelembab bibir yang juga mengandung Sun Protector Factor, minimal 15.
  4. Jika kering pada bibir terjadi, sebaiknya jangan menggunakan pasta gigi atau obat kumur yang mengandung ekaliptus atau mentol dan sejenisnya untuk menghindari iritasi.
  5. Jangan menggosok atau menarik kulit bibir yang mengelupas. Ini karena akan membuatnya berdarah perih dan tidak kunjung sembuh.
  6. Hentikan kebiasaan menjilat atau menggigit-gigit bibir anda, karena air liur hanya akan menambah bibir menjadi kering.
  7. Hindari bernafas melalui mulut, selain buruk untuk kesehatan organ pernafasan bernafas melalui mulut juga akan membuat bibir menjadi kering.
  8. Gunakan lipstik seperlunya saja saat menghadiri pesta atau berpergian. Untuk kegiatan biasa sebaiknya gunakan pelembab bibir seperti lipbalm dan lipgloss.
  9. Saat membeli lipstik cobalah dulu pada kulit belakang telinga, jika dalam 24 jam tidak menimbulkan reaksi alergi berarti anda boleh menggunakannya pada bibir anda. ini karena lipstik yang tidak cocok bisa membuat warna bibir anda menghitam.
  10. Bersihkanlah lipstik setelah selesai beraktifitas, ini agar bibir terbebas dari bahan kimia yang terkandung dalam lipstik.
  11. Jangan menggunakan lipstik ketika tidur.
  12. Berhentilah merokok jika anda tidak ingin bibir anda berubah warna menjadi gelap. Bukan hanya wanita namun warna bibir yang gelap pada laki-laki juga akan mengurangi kesan wajah yang segar dan tampan.
  13. Perbanyaklah mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Kandungan air vitamin dan antioksidan pada keduanya sangatlah baik dampaknya terhadap kesehatan tubuh, termasuk kesehatan bibir.
  14. Jika bibir dan kuku anda menghitam atau ungu, segera periksakanlah pada dokter. Karena itu bisa menjadi indikasi gangguan pada paru-paru atau jantung anda.
  15. Panas dalam juga bisa membuat bibir kering dan pecah-pecah, bila ini terjadi perawatan dari luar saja tentunya tidak cukup, obatilah panas dalam dari dalam dan jika sembuh niscaya bibir anda akan kembali normal.

Tuhan telah memberikah rahmat-Nya dengan memberikan tubuh yang sehat, indah dan cantik. Karunia itu sepatutnya anda syukuri dengan selalu merawat dan menjaganya, jangan sampai apa yang anda konsumsi dan apa yang anda lakukan malah menjadi mudharat atau merugikan diri sendiri. Berbagai masalah kesehatan yang timbul harus anda upayakan pengobatannya, walau masalah kesehatan yang sering anda anggap remeh, seperti misalnya kesehatan bibir. Dan ada baiknya anda memilih cara alami untuk mengobati setiap penyakit yang timbul. Ini berguna untuk meminimalisir kemungkinan rusaknya organ tubuh lain, karena mengonsumsi obat-obatan kimia.

Semoga artikel cara mengatasi bibir kering yang pecah, hitam, dan mengelupas secara alami diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.