Beberapa Akibat Kekurangan Lemak Dalam Tubuh

Apa sih akibat kekurangan lemakHal pertama yang terpikirkan bagi sebagian orang mengenai lemak pastinya adalah masalah berat badan, bahkan sebagian orang merasa bahwa lemak adalah musuh untuk tubuh mereka.Padahal tidak selamanya mengonsumsi lemak itu tidak baik, bahkan saat manusia dilahirkan, asupan makanan yang diperoleh dari ASI ibu juga mengandung lemak.

Lebih dalam dari itu, lemak sama pentingnya dengan nutrisi-nutrisi lainnya bagi tubuh, jika kebutuhan lemak didalam tubuh tidak tercukupi, akibat-akibat yang tidak baik pun akan terjadi.Lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh guna membantu penyerapan vitamin, membantu perkembangan otak, menghasilkan energy dan lain sebagainya.

Jika anda merasa berat badan adalah sebuah masalah, dan lemak didalam tubuh adalah sampah, jangan-jangan tubuh anda juga kekurangan lemak.Berikut ini adalah beberapa penyakit yang sering muncul akibat kekurangan lemak:


Sering Merasa Kedinginan


Lemak yang ada didalam tubuh adalah sumber produksi panas dan bertanggung jawab dalam menghangatkan tubuh. Sehingga orang yang tidak memiliki cukup lemak didalam tubuhnya, akibat kekurangan lemak  yang sering sekali muncul adalah merasa kedinginan.

Jika anda sering merasa dingin padahal suhu disekitar anda tidak terlalu dingin, bisa jadi anda kekurangan lemak didalam tubuh, jangan membiarkan hal ini berlanjut, segeralah mencukupi lemak tubuh anda.


Sulit Sekali Berkonsentrasi


Akibat kekurangan lemak yang lainnya adalah sulit berkonsentrasi dan mudah merasa lelah.Jika hal ini terjadi pada anda, segeralah periksakan kadar lemak didalam tubuh anda, jika memang kurang, anda dapat mencukupinya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung cukup lemak, yang paling bagus adalah mengkonsumsi ikan Salmon.


Kulit kering


Selain beberapa akibat kekurangan lemak diatas, kulit kering juga dapat terjadi jika tubuh tidak memiliki cukup lemak yang sehat. Selain kulit kering, kulit anda juga akan lebih sensitif, dalam beberapa kasus kekurangan lemak bahkan kulit menjadi bersisik dan gatal. Tentu anda tidak menginginkan hal ini terjadi pada anda, maka pastikan kadar lemak dalam tubuh anda seimbang.


Gula Darah Tidak Stabil


Lemak membantu menstabilkan gula darah didalam rubuh, jika kadar gula darah pada tubuh anda terlampau tinggi dan tidak stabil, mungkin tubuh anda kekurangan lemak.Untukmengatasinya anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki kandungan lemak sehat.

Berdasarkan beberapa riset, makanan-makanan yang mengandung lemak lebih baik untuk mengatasi gula darah dibandingkan diet rendah lemak. Akibat kekurangan lemak di dalam tubuh akandapat berdampak lebih buruk jika dibiarkan dan diabaikan.


Merasa Lemas


Lemak berguna untuk meningkatkan energi didalam tubuh, jika lemak didalam tubuh tidak terpenuhi, maka tubuh akan kekurangan energi. Hal ini dapat menyebabkan rasa lemas, cepat lelah dan malas.

Selain beberapa akibat karena kekurangan lemak diatas, kekurangan lemak juga dapat  menyebabkan kekurangan vitamin. Jika beberapa vitamin didalam tubuh juga tidak cukup, akibat yang terjadi bukan hanya beberapa hal di atas. Namun akan lebih bahaya dariitu. Lemak bukanlah sampah didalam tubuh, lemak sama saja dengan nutrisi-nutrisi lainnya. Meskipun begitu kelebihan lemakpun tidak baik untuk tubuh, jadi anda hanya harus menjaganya tetap seimbang, tidak kekurangan, bukan pula kelebihan. Efek dari kelebihan lemak juga tidak baik untuk tubuh.

Sampai disini informasi mengenai beberapa akibat kekurangan lemak di dalam tubuh. Kesehatan adalah prioritas dari segala hal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dan menjadi inspirasi sehat anda.

Add Comments

Disqus Comments