Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Kelebihan Protein

Mungkin anda kebingungan mengenai akibat kelebihan protein. Memang protein merupakan sebuah nutrisi yang diperlukan dalam membangun tubuh yang sehat, asupan protein tinggi bertujuan guna mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Oleh sebab itu memakan makanan yang mengandung protein tinggi bagus untuk tubuh, namun segala sesuatu yang berlebihan tentu saja bukan sebuah hal yang baik. Namun jika berlebihan justru akan menimbulkan resiko beberapa penyakit.

Bagi anda yang belum mengetahui apa saja bahaya yang ditimbulkan jika tubuh kelebihan protein. Berikut beberapa hal yang dapat terjadi akibat kelebihan protein didalam tubuh kita diantaranya :


Memicu Penyebab Kanker


Makanan yang berprotein tinggi memiliki kandungan racun, kandungan racun ini akan mengganggu pencernaan  dan menyebabkan kerusakan DNA. Selain itu, racun ini dapat mengubah sel-sel dalam tubuh menjadi sel-sel kanker.Akibatnya, sel-sel darah putih dan limfositakan rusak.

Jika sel-sel darah putih rusak, maka tubuh akan kehilangan benteng pertahanan terdepanya. Dengan hal ini akibat kelebihan protein yang dapat terjadi diantaranya adalah infeksi pada sel dan munculnya sel-sel yang tidak normal atau sel-sel kanker.


Menyebabkan Alergi


Protein yang belum diproses dan diuraikan menjadi nutrisi, akan beredar melalui usus sebagai zat asing yang tidak dikenal. Tubuh kita akan bereaksi terhadap zat-zat yang tidak dikenal, termasuk protein, sehingga akan menyebabkan alergi.

Akibat kelebihan protein yang biasanya dirasakan adalah adanya reaksi alergi yang muncul karenanya. Reaksi alergi ini akan menjadi salam satu faktor penyebab meningkatnya kaus-kasus dermatitis atopic, kaligata, colitis ulserativa, penyakit kalagendan penyakit chron.


Memperberat kerja hati dan ginjal


Semakin banyak protein yang masuk kedalam tubuh, semakin berat hati dan ginjal untuk menguraikanya dan menyingkirkanya melalui urine. Jadi akibat kelebihan protein adalah membuat kerja kati dan ginjal menjadi terforsir hanya untuk menguraikan protein didalam tubuh.


Penyebab Osteoporosis


Akibat kelebihan protein yang berikutnya adalah osteoporosis, sehinggaakan terjadi disefisiensi kalsium. Saat pembentukan asam amino terjadi dalam jumlah besar, darah akan menjadi asam dan tentu saja membutuhkan kalsium untuk menyeimbangkanya.

Pada intinya, konsumsi protein yang berlebihan akan mengurangi kalsium didalam tubuh. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi mengandung protein tinggi tersebut mengandung fosfor yang tinggi, akan semakin meningkatkan resiko osteoporosis. Rasio antara fosfor dan darah dalam tubuh, normalnya 1:1 dan 1:2.


Mengurangi Energi


Protein yang terlalu banyak masuk kedalam tubuh, tidak dapat dicerna keseluruhanya dengan sempurna, hal ini akan menyebabkan timbunan zat-zat buangan atau bahkan racun didalam tubuh.


Mengganggu Psikologis Anak


Anak-anak lebih menyukai makanan yang mengandung protein hewani seperti daging, namun tidak menyukai sayuran, hal ini mengakibatkan kesenjangan asupan nutrisi yang semakin tidak seimbang.

Jika anak-anak terlalu banyak mengonsumsi makanan berprotein, apabila porsinya sesuai, akan baik untuk pertumbuhan, namun jika berlebihan, tidak hanya bagian tubuh yang kelihatan yang akan terkena dampaknya. Namun juga bagian otak dan kejiwaanya, banyak kasus anak-anak yang temperamental akibat kelebihan protein dan tidak diimbangi dengan asupan nutrisi lainnya.

Itulah beberapa akibat kelebihan protein yang bisa saja menyerang anda.Memang tubuh kita memerlukan protein, namun sesuai kebutuhanya saja. Jika berlebihan justru akan berdampak buruk atau bahkan sangat buruk, cobalah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh yang seimbang, dalam artian bukan hanya satu atau dua jenis nutrisi saja yang dicukupi, namun semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh harus dicukupi dengan seimbang.

Semoga penjelasan mengenai akibat kelebihan protein di atas bisa memberikan manfaat bagi kesehatan anda.