Akibat Yang Muncul Karena Tubuh Mengalami Kekurangan Vitamin C

Pada masyarakat umum, lebih mengidentikan akibat kekurangan vitamin c dengan penyakit sariawan. Sebagian orang meyakini hal tersebut, ketika seseorang terkena sariawan, maka dia disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin C. Ya . . memang benar salah satu akibat kekurangan vitamin c adalah gejala penyakit sariawan, namun lebih dari itu dapat diinterpretasikan lebih luas lagi, bukan hanya masalah sariawan.

Lebih dalam dari itu, beberapa akibat kekurangan vitamin C diantaranya adalah :


Penyakit Anemia


Penyakit anemia dapat dirasakan gejalanya seperti, mudah mengantuk, lemas, tidak berenergi dan bahkan pada kondisi yang lebih parah, nafas penderita akan terasa berat kemudian pingsan. Secara garis besar, anemia adalah penyakit yang terjadi karena tubuh manusia kekurangan sel darah merah.

Anemia biasanya terjadi pada wanita yang sedang mengalami menstruasi atau wanita yang baru saja melahirkan. Sebagai solusinya, penderita dapat mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung cukup zat besi, selai itu juga perlunya vitamin C yang cukup untuk mempercepat proses penyerapan zat besi. Sehingga kondisi vitamin C yang cukup dalam tubuh akan sangat berkontribusi dalam penanganan penyakit anemia.


Penurunan Kemampuan Dalam Mencegah Infeksi


Akibat kekurangan vitamin c dalam hal ini yaitu dapat menurunkan imun tubuh manusia, jika hal ini terjadi, sistem pertahanan tubuh kita akan menurun, sehingga mudah terserang penyakit. Lebih dalam dari itu, proses penyembuhannyapun akan lebih lambat. Dalam beberapa kasus kekurangan vitamin C, terjadinya infeksi dari beberapa penyakit.


Kerusakan Jaringan Jantung


Akibat kekurangan vitamin C untuk kesehatan lainnya adalah terjadinya kerusakan pada jaringan jantung. Vitamin C berkontribusi dalam menjaga kondisi susunan sel dalam pembuluh darah. Apabila vitamin C tidak cukup, kemudian sel-sel dalam pembuluh darah tidak dapat diregenerasi dengan baik, kerusakan akan merambat pada jaringan dan juga dinding jantung.

Lebih mendetail mengenai hal ini, sel-sel yang rusak didalam pembuluh darah justru akan digantikan oleh kolesterol, tentu kolesterol ini tidak baik untuk jantung.


Kulit Kasar, Kering dan Bersisik


Kulit Kering merupakan salah satu akibat kekurangan vitamin c. Untuk mengetahui kondisi kulit yang seperti apa sehingga dapat mengidentifikasikanyakarenakekurangan vitamin C, anda dapat menggarukan kuku anda pada kulit anda, jika kulit anda bergaris dan bersisik, bisa jadi anda kekurangan vitamin C.

Selain menggarukan kuku anda, coba anda lihat bagian sela-sela jari kaki anda, jika terlihat banyak kerutan, semakin menambah kemungkinan anda kekurangan vitamin C. Untuk mengatasinya, anda dapat mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin C.


Radang Gusi


Radang gusi merupakan akibat kekurangan vitamin c yang sering terjadi.Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi menjadi mudah berdarah sehingga peradangan gusi pun sering terjadi.

Ciri-ciri dari peradangan gusi adalah terasa nyeri, gusi terlihat lebih merah dibandingkan gusi yang lain, sering terjadi pendarahan pada gusi tersebut dan bengkak.Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan-makanan yang mengandung vitamin C.


Mengganggu Kesehatan Tulang


Vitamin C adalah nutrisi yang berfungsi untuk menghubungkan semua jaringan tubuh termasuk tulang. Dalam hal ini, kekurangan vitamin C dapat menyebabkan hubungan antar tulang satu dengan tulang lainnya akan terganggu.

Jika sudah pada tahap ini, tentu perlu penanganan medis.Jadi untuk menjaga kondisi antar tulang anda tetap stabil, cukupilah kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

Demikian adalah beberapa akibat kekurangan vitamin C untuk Kesehatan, semoga dapat menginspirasi dalam menjaga asupan vitamin C harian anda, sehingga tubuh akan selalu dalam keadaan sehat.

Add Comments

Disqus Comments