Akibat Dan Bahaya Kekurangan Sel Darah Putih Dalam Tubuh

Kekurangan sel darah putih? Bahayakah? Sel darah putih merupakan benteng pertahanan pertama didalam tubuh, jika benteng perhanannya saja tidak baik, berbagai sumber penyakit akan lebih mudah menyerang tubuh. Baik bakteri, virus dan lain sebagainya. Didalam aktifitas sehari-hari, banyak sekali resiko terserang kuman dan juga penyakit, namun dengan adanya darah putih atau yang lebih dikenal sebagai leukosit.

Sel darah putih akan membuat semua serangan penyakit tidak dapat masuk kedalam tubuh. Sebagai ilustrsinya, jika anda terluka akibat jatuh atau teriris pisau, di sekitar luka tersebut darah putih akan berkumpul dan mencegah berbagai kuman, bakteri dan lainnya masuk kedalam luka anda. Jika anda pernah mengalami luka dan kemudian terlihat bengkak sampai mengeluarkan nanah, itu adalah reaksi dari perlawanan sel darah putih terhadap kuman-kuman penyakit.

Jika sel darah putih mampu melawan kuman-kuman penyakit, maka tubuh akan kembali normal, namun jika tidak kunjung membaik, dibutuhkan bantuan obat-obatan dari luar. Anda dapat membayangkan betapa pentingnya darah putih untuk tubuh. Lalu apa akibatnya jika tubuh kita kekurangan sel darah putih? Berikut adalah akibat dari kekurangan sel darah putih :


Mudah Terserang Penyakit


Jika tubuh kekurangan sel darah putih makasistem pertahanan tubuh akanmelemah. Alhasil berbagai sumber penyakit akan sangat mudah masuk kedalam tubuh. Mulai dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri atau bahkan virus, tentu ini bukan kabar yang menggembirakan, bahkan ini adalah kabar yang sangat buruk.

Bayangkan saja jika semua sumber penyakit tidak dapat di hentikan dan masuk kedalam tubuh dengan bebas. Sedangkan dalam aktifitas sehari-hari saja banyak sekali cumber penyakit yang mengintai dan beresiko.


Berbagai Infeksi


Selain mudah terserang penyakit, kekurangan sel darah putih juga akan membuat proses penyembuhan penyakit tersebut menjadi lambat. Karena lambatnya proses penyembuhan, penyakit tersebut akan semakin parah dan kuman-kuman atau bakteri didalamnya berkembang semakin banyak dan berevolusi semakin ganas.

Hal ini akan memicu terjadinya infeksi dari penyakit tersebut. Tentu jika dibiarkan, kekurangan sel darah putih akan sangat berbahaya untuk tubuh, bukan hanya penyakit luar saja, serangan virus juga dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh dan menyerang organ-organ dalam, bagaimana jika terjadi infeksi pada organ dalam anda? Tentu bukan hanya hal biasa yang mudah diatasi, namun hal yang sangat bahaya.


Kanker Darah


Dilihat dari namanya saja sudah cukup membuat hati merasa takut, kanker darah dapat terjadi karena kekurangan sel darah putih begitu juga sebaliknya. Kanker darah dapat menyebabkan kekurangan sel darah putih. Sel darah putih bukan hanya penting didalam tubuh, namun sel darah putih adalah penanggung jawab atas kesembuhan kita dari penyakit.

Dalam beberapa kasus, bahkan seseorang yang sel darah putihnya berada dibawah normal dan mengalami sakit flu harus menjalani perawatan intensif di dalam rumah sakit. Lalu apa yang akan terjadi jika yang menyerang bukan hanya penyakit flu? Anda bisa membayangkanya sendiri.

Itulah tadi beberapa bahaya dan akibat dari kekurangan sel darah putih. Kekurangan sel darah putih akan membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga rentan sekali terkena penyakit dan bahkan infeksi. Sedemikian bahayanya jika tubuh kita kekurangan sel darah putih, jadi kita harus memastikan sel darah putih kita berada pada kondisi normal, karena kelebihan sel darah putihpun akan berbahaya bagi tubuh.

Mulai sekarang kontrollah jumlah sel darah putih di dalam tubuh agar tidak kekurangan sel darah putih.