7 Manfaat Minyak Biji Labu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minyak Biji Labu – Minyak biji labu memang terdengar asing bukan? Banyak diantara kita yang tentu saja sudah mengenal labu sebagai salah satu sayuran dan juga bisa di jadikan berbagai jenis makanan lainnya. Namun mungkin tidak banyak dari kita yang pernah mendengar minyak biji labu.

Labu yang sudah tua, bijinya, biasanya bisa dijadikan minyak. Minyak biji labu dimanfaatkan untuk banyak hal, mulai dari, ditambahkan kedalam sup, atau hidangan lainnya untuk menambah cita rasa dan kelezatannya.Namun, tentu saja minyak biji labu tidak bisa digunakan untuk menggoreng makanan. Karena apabila terlalu panas, minyak biji labu strukturnya akan hancur.

Minyak biji labu juga sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam produk kecantikan karena mengandung Asam Lemak Omega-3 yang cukup tinggi, antioksidan, dan juga vitamin E.

Anda bisa menyimpan minyak biji labu di lemari es dan menggunakannya sewaktu waktu untuk merawat rambut, untuk kulit anda, bahkan untuk salad yang anda konsumsi.

Berikut adalah 7 manfaat luar biasa yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi dan menggunakan minyak biji labu, diantaranya adalah:

  • Meringankan sakit radang sendi

Minyak biji labu mengandung bahan anti inflamasi yang dapat bekerja dengan cara yang sangat mirip seperti yang kita temukan pada obat non steroid anti inflamasi yang diberikan kepada pasien penderita artritis. Hanya dengan satu sendok teh yang ditambahkan ke dalam makanan dapat mengurangi peradangan di sendi dan mengurangi rasa sakit akibat peradangan tersebut.

  • Baik untuk rambut

Manfaat minyak biji labu lainnya adalah untuk kesehatan rambut. Minyak biji labu mengandung sejumlah bahan yang bisa digunakan dalam perawatan rambut. Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak biji labu dapat menghambat produksi enzim yang dikenal sebagai “5-alpha reductaseenzim,” yaitu enzim yang memperlambat pertumbuhan rambut. Minyak biji labu juga merupakan sumber asam folat, vitamin E,danOmega-3.Semuanya penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada rambut.

  • Menurunkan kolesterol

Jika anda menambahkan minyak biji labu ke dalam makanan yang tinggi kolesterol, minyak biji labu akan membantu menyerap beberapa kolesterol jahat atau yang kita kenal dengan nama LDL di dalam aliran darah. Hal tersebut bisa terjadi karena tingginya tingkat kandungan fitosterol yang terdapat didalam minyak ini.

Penelitian yang dilakukan oleh Departement of Internal Medical di Washington University tersebut bermanfaat sangat luar biasa, terutama dalam menyerap kolesterol secara signifikan.

  • Melindungi mata

Kombinasi Asam Lemak Omega-3 dan antioksidan yang terdapat dalam biji labu akan membantu melindungi mata anda dari sinar matahari yang menyilaukan dan dapat menyebabkan degenerasi makula. Minyak ini mengandung zeaxanthin yang cukup tinggi dan merupakan antioksidan yang dikenal dapat melindungi mata dari cahaya biru maupun sinar ultraviolet.

  • Sebagai body lotion

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari minyak tersebut adalah, sangat baik untuk kulit karena mengandung asam lemak. Apabila anda ingin menggunakannya sebagai body lotion, minyak biji labu sangat mirip mamfaatnya seperti minyak kelapa murni. Hal itu karena minyak biji labu mengandung anti inflamasi yang dapat mengurangi kemerahan, noda hitam atau spot spot gelap yang diakibatkan oleh jerawat maupun iritasi pada kulit.

  • Mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar

Manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari minyak biji labu apabila digunakan untuk mencampur bahan makanan, diantaranya adalah: dapat membantu mengurangi gejala sindrom iritasi pada usus. Tingginya asam lemak dan anti inflamasi yang ditemukan dalam minyak tersebut dapat mengurangi peradangan pada saluran pencernaan. Banyak orang yang menderita sindrom iritasi usus melaporkan bahwa, saat mereka menggunakan minyak biji labu secara teratur, mereka merasa cukup terbantu dan menjadi jauh lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan minyak tersebut.

  • Mencegah batu ginjal

Apabila anda secara rutin menggunakan minyak biji labu, aliran air di dalam tubuh akan semakin lancar dan dapat mengurangi tekanan di kandung kemih serta di ginjal. Para ahli menganggap minyak ini sebagai tonik untuk sistem kemih dan ginjal, yang diyakini dapat mengurangi resiko pengembangan batu ginjal.